Empat Isu Penting Akan Diajukan Oleh DPR RI di Acara World Water Forum ke-10

- 20 Mei 2024, 10:35 WIB
Dokumen/Anggota Komisi VI DPR RI Putu Supadma Rudana/ANTARA/HO-Humas DPR RI
Dokumen/Anggota Komisi VI DPR RI Putu Supadma Rudana/ANTARA/HO-Humas DPR RI /

 

GALAMEDIANEWS – Pembahasan demi pembahasan akan dilakukan antar negara. Banyak isu yang akan ditonjolkan oleh setiap negara di acara World Water Forum (WWF) ke-10 di Bali, 18-25 Mei 2024.

Anggota Komisi VI DPR RI Putu Supadma Rudana mengatakan akan ada empat isu besar yang akan didorong parlemen Indonesia dalam pertemuan WWF kali ini.

"Ada empat hal yang akan didorong oleh Parlemen Indonesia melalui BKSAP DPR RI, pertama mendorong pembahasan isu air dan sanitasi dalam bingkai pencapaian SDGs khususnya SDG 6 tentang air dan sanitasi " ujar Putu dalam keterangannya di Jakarta, Minggu, 19 Mei 2024.

Baca Juga: Anies Baswedan Dapat Dukungan Relawan Nyagub Lagi di DKI Jakarta, Sudirman Said: Momentumnya Ada

Putu menjelaskan lebih lanjut, isu air dan sanitasi dalam bingkai pencapaian SDGs ini penting karena situasinya adalah hal yang sangat mendasar bagi kebutuhan manusia dan juga dalam upaya mewujudkan target-target pembangunan berkelanjutan.

Kedua, BKSAP berkeinginan agar kearifan lokal, kekuatan sejarah adat dalam menghormati air, membuka ruang secara inklusif dan merata bagi komunitas lokal untuk memanfaatkannya menjadi kekayaan tak benda yang dapat diakui pengambil kebijakan.

Ketiga, Putu mengatakan seiring dengan fenomena perubahan iklim yang semakin tak terbendung, BKSAP ingin melihat dan membahas bersama-sama dengan komunitas parlemen global, mengenai konektivitas kedua isu, dan bagaimana keduanya sangat berpengaruh bagi kehidupan manusia.

Keempat, yakni keinginan BKSAP untuk mendorong potensi kolaborasi, kerjasama saintifik, peluang-peluang diplomasi air (hydrodiplomacy) untuk koeksistensi antarbangsa.

Baca Juga: Ide Menu Makan Sehari-hari Cukup Simpel, Resep Ayam Goreng Sereh dan Sambal Bajak Sunda Pedas Gurih

Halaman:

Editor: Lucky M. Lukman

Sumber: ANTARA


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah