Palestina Diakui Sebagai Negara Oleh Norwegia, Irlandia, dan Spanyol

- 23 Mei 2024, 08:45 WIB
Foto arsip/Perdana Menteri Spanyol Pedro Sanchez menyimak pandangan dari kepala negara lain saat working session 3 KTT G20 Indonesia 2022 di Nusa Dua, Bali/ANTARA FOTO/Media Center G20 Indonesia/M Risyal Hidayat/
Foto arsip/Perdana Menteri Spanyol Pedro Sanchez menyimak pandangan dari kepala negara lain saat working session 3 KTT G20 Indonesia 2022 di Nusa Dua, Bali/ANTARA FOTO/Media Center G20 Indonesia/M Risyal Hidayat/ /

GALAMEDIANEWS – Palestina mulai banyak negara yang mengakui sebagai sebuah negara. Perkembangan yang sangat baik untuk saat ini.

Tiga negara Eropa yakni Norwegia, Irlandia dan Spanyol pada Rabu (22/5/2024) memutuskan untuk mengakui Palestina sebagai negara dan pengakuan resmi akan mulai berlaku pada 28 Mei 2024.

Perdana Menteri Norwegia Jonas Gahr Store mengajak untuk tetap menghidupkan solusi politik bagi Israel dan Palestina, yakni dua negara, yang hidup berdampingan dalam perdamaian dan keamanan, di tengah peperangan dengan puluhan ribu orang tewas dan terluka.

Baca Juga: Persoalan Palestina Dibahas Antara Menlu RI dan Presiden Majelis Umum PBB

Store mengatakan pengakuan terhadap Palestina mengirimkan pesan yang kuat kepada negara-negara lain untuk mencontoh Norwegia, dan sejumlah negara Eropa lainnya dan mengakui negara Palestina.

Perdana Menteri Irlandia Simon Harris juga mengumumkan negaranya secara resmi mengakui negara Palestina.

Harris meyakini negara-negara lain akan bergabung dengan pihaknya dalam mengambil langkah tersebut.

Dirinya menambahkan, dia telah berbicara dengan sejumlah pemimpin dan sejawatnya, serta meyakini lebih banyak negara akan bergabung dalam mengambil langkah penting tersebut beberapa minggu ke depan.

Perdana Menteri Spanyol Pedro Sanchez mengatakan negaranya akan mengakui negara Palestina pada Selasa depan (28/5/2024).

Halaman:

Editor: Tatang Rasyid

Sumber: antaranews.com


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah