Perjalanan Whoosh Terganggu, KCIC Ajak Masyarakat tidak Bermain Layangan di Sekitar Jalur Kereta Cepat!!!

- 6 Juni 2024, 19:50 WIB
 KCIC Ajak Masyarakat tidak bermain layangan yang berakibat ganggu perjalanan kereta cepat Whoosh /Foto : Humas KCIC //
KCIC Ajak Masyarakat tidak bermain layangan yang berakibat ganggu perjalanan kereta cepat Whoosh /Foto : Humas KCIC // /

 

GALAMEDIANEWS - KCIC terus melakukan sosialisasi kepada masyarakat untuk tidak melakukan berbagai aktivitas yang berpotensi mengganggu operasional Whoosh, di antaranya agar tidak bermain layang-layang di dekat jalur Kereta Cepat Whoosh.

Hal itu dilakukan untuk menghindari adanya layang-layang yang tersangkut pada jaringan Listrik Aliran Atas (LAA) di sepanjang jalur Whoosh.

Sosialisasi terus dilakukan secara berkala di lingkungan masyarakat yang berada di sekitar jalur kereta cepat termasuk ke berbagai sekolah. Pada sosialisasi tersebut KCIC juga mengajak agar masyarakat dapat membantu mengarahkan anak-anak mencari lokasi yang tidak berdekatan dengan jalur kereta cepat saat akan bermain layang-layang. Adapun jarak batas aman tersebut berada di 500 meter dari sisi kiri kanan jalur rel.

Baca Juga: Pj. Bupati Bandung Barat Ditetapkan Tersangka, Sekda KBB Mengaku Masih Tetap Berkomunikasi dan Minta Petunjuk!

Layang-layang Yang Tersangkut di Jaringan LAA Whoosh Berpotensi Ganggu Kelancaran perasional

General Manager Corporate Secretary KCIC Eva Chairunisa mengatakan, layang-layang yang tersangkut di jaringan LAA Whoosh berpotensi mengganggu kelancaran operasional, seperti penundaan perjalanan, kerusakan jaringan LAA, hingga kerusakan komponen dan kelistrikan sarana Whoosh.

“Layang-layang yang terputus sangat mudah tersangkut pada jaringan LAA, sehingga jika dimainkan terlalu dekat dengan jalur Whoosh, sangat berpotensi menyebabkan gangguan,” ujar Eva Chairunisa pada Kamis 6 Juni 2024.

Whoosh dioperasikan dengan daya listrik sebesar 27,5 KV melalui pantograg yang terhubung pada LAA. Keterhubungan antara Pantograf dan LAA ini tidak boleh terganggu oleh adanya benda asing karena dapat mengganggu aliran listrik, terlebih saat Whoosh melaju dengan kecepatan tinggi.

Baca Juga: Kejati Jabar Bakal Periksa Pj Bupati Bandung Barat Usai Jadi Tersangka, Penahanan Ditangan Tim Peyindik

Halaman:

Editor: H. Bambang Priambodo

Sumber: KCIC


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah