6.000 Siswa SMK diJabar Dilatih untuk Mendapatkan Sertifikasi Cyber Security

- 10 Oktober 2020, 11:50 WIB
Ilustrasi belajar daring tingkat SMA, SMK, dan MA.
Ilustrasi belajar daring tingkat SMA, SMK, dan MA. /Pikiran-rakyat.com/Ade Mamad

GALAMEDIA - Lembaga non-profit, InfraDigital Foundation akan melatih 6.000 siswa SMK dari kalangan prasejahtera di Provinsi Jawa Barat (Jabar) untuk mendapatkan sertifikasi "cyber security" dan terhubung dengan industri yang membutuhkan.

Program Manager IDF, I Gede Pandu Wirawan dalam siaran pers yang diterima, Sabtu, 10 Oktober 2020, mengatakan tujuan utama program ini adalah mengurangi angka pengangguran lulusan SMK dari keluarga prasejahtera dengan memberikan kemampuan cyber security yang dapat menjadi bekal bagi peserta untuk mandiri.

Rangkaian Program Pelatihan Cyber Security untuk siswa SMK yang diselenggarakan oleh Infradigital Foundation (IDF) bekerja sama dengan Mastercard Center for Inclusive Growth melalui Mastercard Academy 2.0 dan Pemerintah Provinsi Jawa Barat.

Baca Juga: Heat Paksa LALakers untuk Bermain di Gim Keenam Final NBA 2020

Selama 2020, Cyber Security Training Program telah melatih 672 siswa dan 80 guru SMK di Jawa Barat dan selama masa pandemi, rangkaian pelatihan dilakukan secara daring.

Untuk memastikan efektivitas pelatihan, IDF menyediakan uang saku untuk kuota internet bagi setiap murid sebesar Rp350 ribu selama 10 minggu pelatihan. Salah satu kegiatan dari rangkaian Cyber Security Training adalah webinar bertajuk "Perjalanan Karir Ahli Cyber Security" pada Jumat (9/10).

Acara tersebut dibuka oleh Charlie Hartono (Country Lead Social Impact and Philanthropy PT. Mastercard Indonesia) dan menghadirkan pembicara dua orang ahli cyber security, yaitu Habibie Faried dan Fahri Shihab.

Kedua pembicara membagikan pengalaman dan inspirasi kepada murid SMK yang sedang mengikuti pelatihan dan webinar yang bertujuan memberikan pemahaman kepada peserta tentang peluang karir dan masalah yang dihadapi oleh pekerja di bidang cyber security.

Baca Juga: Jangan Anggap Sepele Kismis, Si Manis Segudang Manfaat, Mulai Mencegah Anemia hingga Penyakit Kronis

Halaman:

Editor: Kiki Kurnia


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah