Jalur Cikatomas Tasikmalaya Tertutup Longsor, Warga Harus Memutar Mencari Jalan ALternatif

- 12 Oktober 2020, 09:21 WIB
 Jalur Cikatomas -Tasikmalaya putus total akibat tertutup tanah longsor di kawasan Leuwi Hieum, Kabupaten Tasikmalaya
Jalur Cikatomas -Tasikmalaya putus total akibat tertutup tanah longsor di kawasan Leuwi Hieum, Kabupaten Tasikmalaya /

GALAMEDIA - Jalur Cikatomas -Tasikmalaya putus total akibat tertutup material tanah longsor, Senin pagi, 12 Oktober 2020. Akibatnya para pengendara tidak bisa memnggunakan akses jalan utama tersebut.

Tokoh pemuda setempat Ervi Pelani mengatakan, longsor terjadi akibat tanah tebing di kawasan Kampung Leuwi Hieum Dusun Karang Anyar, Desa Mandalahayu Kecamatan Salopa, Kabupaten Tasikmalaya, ambruk, Senin pagi. Sehingga material tanah dan pepohonan menutupi seleuruh badan jalan.

"Hujan deras sejak kemarin sore hingga dini hari. Sehingga air hujan menggerus tanah yang mengakibatkan longsor. Kejadiannya pagi sekitar pukul 05.30 wib. Jalur putus total," katanya.

Tidak ada korban jiwa ataupun menimpa pemukiman penduduk, akan tetapi aktivitas warga menjadi tersendat karena akses jalan tidak bisa dilalui sama sekali. Dan terpaksa mencari jalanan alternatif.

Baca Juga: Jadwal Acara TV Hari Ini, Senin 12 Oktober 2020 di Trans 7, Yuk Nonton Ada Movievaganza Nanti Sore

Guna membuka akses jalur, kata Ervi, pihaknya sudah berkoordinasi dengan BPBD. Lalu warga sekitar dengan swadaya melakukan evakuasi material longsoran agar kendaraan bisa lewat.

"Sekarang sedang proses pengerukan tanah oleh BPBD, TNI, Polisi, Karang Taruna beserta Pemerintahan Desa Mandahayu," katanya.

Dikatakannya, material tanah tebing yang ambruk tinghi sekitar 50 meter dan panjang sekitar 30 meter. Sehingga akses jalan tertutup mencapai sekitar puluhan meter dengan ketebalan sekitar 2 sampai 1 meter.

 Baca Juga: Tinggal Dua Bulan, Pemkot Cimahi Kejar Target Realisasi PAD dari Sektor Parkir

Halaman:

Editor: Kiki Kurnia


Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x