Cimahi Raih Penghargaan Sebagai Kota Penyelenggaraan Kampung Keluarga Berkualitas Terbaik

- 27 Juni 2024, 16:17 WIB
Pemkot Cimahi raih penghargaan sebagai kota dengan penyelenggaraan kampung keluarga berkualitas terbaik se-Indonesia.
Pemkot Cimahi raih penghargaan sebagai kota dengan penyelenggaraan kampung keluarga berkualitas terbaik se-Indonesia. /Ist/

GALAMEDIANEWS - Pemkot Cimahi raih penghargaan sebagai kota dengan penyelenggaraan kampung keluarga berkualitas terbaik se-Indonesia. Penghargaan tersebut diberikan dalam rangka Hari Keluarga Nasional ke-31 tahun 2024.

Penghargaan diterima secara langsung oleh Pj. Wali Kota Cimahi Dicky Saromi , Rabu 26 Juni 2024 di Hotel PO Semarang.

Penghargaan yang diberikan langsung oleh Kepala BKKBN Republik Indonesia Hasto Wardoyo ini, berdasarkan kriteria persentase tertinggi jumlah Kampung Keluarga Berkualitas terhadap jumlah desa/kelurahan, dan persentase tertinggi jumlah Kampung Keluarga Berkualitas mandiri dan berkelanjutan terhadap jumlah desa/kelurahan.

Baca Juga: Undian Putaran Tiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia, Indonesia Hadapi Lawan Berat

Selanjutnya kriteria Pemerintah daerah yang memiliki regulasi terkait penyelenggaraan Kampung Keluarga Berkualitas, Kabupaten/kota yang memiliki Tim Koordinasi Kampung Keluarga Berkualitas, dan pemerintah daerah yang membidangi pengendalian penduduk dan keluarga berencana yang memiliki anggaran penyelenggaraan Kampung KB yang bersumber dari APBD murni.

Penjabat (Pj) Wali Kota Cimahi Dicky Saromi didampingi Kepala Dinas DP3AP2KB Kota Cimahi Fitriani Manan menyampaikan ucapan syukur atas pencapaian Kota Cimahi.

“Alhamdulillah menerima penghargaan langsung dari BKKBN RI kepada Kota Cimahi yang diapresiasi karena keberhasilannya dalam membentuk kampung KB berkualitas. Ini semua tentu menjadi kebanggaan kita bersama, karena secara nasional telah mengapresiasi bahwa program ini bisa kita masyarakatkan, kita internalisasikan di seluruh masyarakat” ujarnya

Kota Cimahi dalam penyelenggaraan kampung keluarga berkualitas masuk kedalam 5 kriteria tersebut, karena di Kota Cimahi telah terbentuk Kampung Keluarga Berkualitas di 15 Kelurahan yang sudah sesuai dengan Instruksi Presiden nomor 3 Tahun 2022 tentang Optimalisasi Penyelenggaraan Kampung Keluarga Berkualitas, melalui Optimalisasi Penyelenggaraan Kampung Keluarga Berkualitas dapat meningkatkan kualitas hidup masyarakat di Kota Cimahi.

Sementara itu Kepala BKKBN Republik Indonesia Hasto Wardoyo mengungkapkan, pemberian penghargaan tersebut berfokus pada bidang Bangga Kencana di mana prinsipnya mengacu pada pembangunan kualitas sumber daya manusia atau SDM termasuk percepatan penurunan stunting.

"Di momentum Hari Keluarga Nasional inilah, kami berikan apresiasi pada semua pihak atas jasanya dalam program pembangunan manusia. Bersama-sama mengejar kualitas SDM unggul menuju Indonesia Emas 2045,” ungkapnya.

Halaman:

Editor: Dadang Setiawan


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah