Presiden Jokowi Ingatkan Semua Pihak untuk Mewaspadai Peningkatan Curah Hujan Bulanan di Indonesia

- 13 Oktober 2020, 10:28 WIB
Presiden Jokowi(Foto: Biro Pers Sekretariat Presiden)
Presiden Jokowi(Foto: Biro Pers Sekretariat Presiden) /

GALAMEDIA - Presiden Joko Widodo mengingatkan semua pihak untuk mewaspadai peningkatan curah hujan bulanan di Indonesia karena fenomena La Nina.

"Laporan yang saya terima dari BMKG, fenomena La Nina diprediksi akan menyebabkan terjadinya peningkatan akumulasi jumlah curah hujan bulanan di Indonesia akan naik 20-40 persen di atas normal," kata Presiden Joko Widodo di Istana Merdeka Jakarta, Selasa 13 Oktober 2020.

Hal tersebut disampaikan Presiden Joko Widodo (Jokowi) dalam rapat terbatas dengan topik "Antisipasi Bencana Hidrometeorologi" melalui "video conference" dengan para Menteri Kabinet Indonesia Maju.

Baca Juga: Istana Negara Hari Ini Dikepung Pendemo: TNI Kerahkan Marinir, Denny Siregar Sebut Jangan Main-main!

La Nina adalah kondisi penyimpangan (anomali) suhu permukaan laut Samudera Pasifik tropis bagian tengah dan timur yang lebih dingin daripada kondisi normalnya.

"Karena itu saya ingin agar kita semuanya menyiapkan diri mengantisipasi kemungkinan-kemungkinan terjadinya bencana hidrometeorologi," tambah Presiden.

Presiden Jokowi juga ingin agar dampak dari La Nina terhadap produksi sektor pertanian, perikanan hingga perhubungan betul-betul dihitung.

"Karena 20-40 persen itu bukan kenaikan yang kecil dan saya juga minta supaya disampaikan, disebarluaskan informasi mengenai perkembangan cuaca, secepat-cepatnya ke seluruh provinsi dan daerah sehingga tahu semuanya sebetulnya curah hujan bulanan ke depan ini akan terjadi kenaikan seperti apa," ungkap Presiden.

Baca Juga: Robinho Tidak Kaget Melihat Penampilan Ibra di AC Milan

Halaman:

Editor: Kiki Kurnia


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x