Bantu Pulihkan Perekonomian di Tengah Wabah Covid-19 di Jabar, Ini Komitmen BI dan OJK

- 17 Oktober 2020, 18:25 WIB
Komite Pemulihan Ekonomi Daerah (PED) Jawa Barat saat mengunjungi Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Jabar dan OJK Jabar, beberapa waktu lalu.(Foto ist) /


GALAMEDIA - Pandemi Covid-19 membuat perekonomian masyarakat terpuruk. Berbagai gelombang PHK dan bangkrutnya usaha terjadi hampir di setiap daerah.

Hal ini membuat dua lembaga keuangan, yakni Kantor Perwakilan Bank Indonesia (KPwBI) Provinsi Jawa Barat (Jabar) dan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Jabar, turun langsung untuk membantunya. Dimana keduanya berkomitmen membantu pemulihan ekonomi khususnya di Jabar.

Komitmen tersebut terungkap dari pimpinan kedua lembaga saat Komite Pemulihan Ekonomi Daerah (PED) Jabar yang dipimpin Ketua Komite PED Jabar Ipong Witono mengunjungi kantor kedua lembaga tersebut, Kamis 15 Oktober 2020 lalu.

Baca Juga: Dikira Karung, Warga Purwadadi Ditemukan Tewas di Sungai Tarum Timur

Kepala KPwBI Jabar Herawanto mengatakan, pihaknya akan memberikan analisa ekonomi secara berkala kepada Komite PED Jabar dan Pemerintah Daerah (Pemda) Provinsi Jabar. Analisa tersebut menjadi dasar dan pertimbangan dalam pengambilan kebijakan.

"BI akan memantau dan memberikan analisa kebijakan moneter yang diambil dalam setiap langkah pemulihan ekonomi di Jabar. Ini sangat penting karena kami berharap dunia usaha bisa kembali bangkit dengan cepat sehingga perekonomian masyarakat akan terangkat," kata Herawanto kepada galamedianews, Minggu 17 Oktober 2020.

Herawanto yang juga Ketua Divisi Kebijakan Ekonomi dan Jasa Keuangan PED Jabar menyatakan, perlu sosialisasi yang komprehensif tentang program-program pemulihan ekonomi kepada pelaku usaha. Sebab, banyak pelaku usaha yang belum paham soal program pemulihan ekonomi.

Baca Juga: Yuk Disiplin Protokol Kesehatan Covid-19 Saat Bersepeda

“Perlu ada sosialisasi dan komunikasi yang intens dengan para pengusaha, terutama di daerah. PED Jabar bisa melakukan inisiasi tersebut agar masyarakat memahami dan bisa ikut serta dalam proram PEN (Pemulihan Ekonomi Nasional) maupun PED,” ucapnya.

Halaman:

Editor: Dicky Aditya


Tags

Komentar

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X