Kementerian Didorong untuk Gratiskan Vaksin Covid-19 Untuk Masyarakat

- 23 Oktober 2020, 13:47 WIB
Ilustrasi vaksin Covid-19.
Ilustrasi vaksin Covid-19. /



GALAMEDIA - Kementerian Kesehatan didorong untuk menggratiskan biaya vaksin COVID-19 kepada masyarakat terutama golongan ekonomi lemah.

Anggota Komisi VI DPR Marwan, dalam siaran pers yang diterima di Jakarta, Jumat, 23 Oktober 2020, mengatakan, Kemenkes menjadi kementerian/lembaga negara yang sebaiknya menanggung pembiayaan vaksin.

Alasannya, tingkat serapan anggaran di kementerian tersebut belum maksimal sehingga dana sisa dapat dialihkan ke biaya penyuntikan vaksin.

Baca Juga: Grebeg Mulud Kasultanan Kasepuhan Cirebon Digelar Secara Terbatas karena Covid-19

"Itu juga tupoksinya Kementerian Kesehatan," tambahnya.

Marwan mengatakan, penyuntikan vaksin nantinya agar didorong bisa dilakukan secara lebih masif khususnya ke kalangan warga masyarakat kurang mampu atau berpenghasilan rendah.

Mantan Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Mendes PDTT) itu juga mengingatkan sebelum vaksin disuntikkan kepada masyarakat juga agar terlebih dahulu melalui sejumlah tahapan baku dari sisi pendekatan kesehatan, ilmiah dan sebagainya.

Baca Juga: Arti Mimpi Hamil, Pertanda Baik Atau Buruk? Ini Cara Seharusnya Kita Menyikapi Mimpi

"Ini untuk memastikan supaya tidak adanya efek klinis maupun pengaruh kesehatan tubuh yang mengkhawatirkan setelah penyuntikan vaksin," kata dia.

Marwan mengingatkan masyarakat supaya disiplin mematuhi protokol kesehatan, terutama selalu memakai masker standar, menjaga jarak dan mencuci tangan dengan sabun atau penyanitasi tangan (hand sanitizer).***

Editor: Dadang Setiawan


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x