Gempa 2 Kali Guncang Sulbar, BMKG Lihatkan Atap Bangunan Roboh, Dinding Rusak, dan Sisa Reruntuhan

- 28 Oktober 2020, 07:40 WIB
Ilustrasi gempa. /net

GALAMEDIA - Wilayah Sulawesi Barat mengalami dua kali gempa bumi pada Rabu 28 Oktober 2020. Gempa pertama dengan kekuatan Magnitudo 5,4 terjadi pada 02.43 WIB, sementara yang kedua dengan Magnitudo 5 pada 05.50 WIB.

Titik pusat gempa pertama berada di 34 km barat daya Mamuju Tengah dengan kedalaman 10 km, sedangkan gempa kedua di 48 km timur laut Mamuju.

BMKG menjelaskan guncangan karena gempa pertama dapat dirasakan di Mamuju Tengah, Kota Mamuju, dan Mamasa. Meski begitu disampaikan kedua gempa tidak berpotensi tsunami.

Baca Juga: Ini Hasil Pertandingan Liga Champions Semalam, Duvan Zapata Tampil Sebagai Pahlawan

Kepala Bidang Mitigasi Gempa Bumi dan Tsunami Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Daryono menjelaskan gempa telah menyebabkan 'kerusakan ringan'.

"Pagi dini hari Rabu, 28 Oktober 2020 pukul 02.43.53 WIB Mamuju Tengah diguncang gempa dengan magnitudo 5,3. Guncangan gempa ini dirasakan di Mamuju Tengah IV-V MMI, Mamuju III-IV MMI, Mamasa. Terjadi kerusakan ringan," tulis Daryono di akun Twitter.

Baca Juga: Sebut Erdogan Teroris, Sang Penghina Islam Geert Wilders Digugat Presiden Turki

Daryono mengunggah beberapa foto kerusakan akibat gempa yang terjadi. Foto itu memperlihatkan atap bangunan roboh, dinding rusak, dan sisa reruntuhan yang berserakan.***

Editor: Dicky Aditya


Tags

Komentar

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X