Hari Sumpah Pemuda Diwarnai Aksi Demo: Kumandangkan Sumpah Buruh

- 28 Oktober 2020, 08:54 WIB
Ilustrasi demo buruh. /M RISYAL HIDAYAT/ANTARA FOTO

GALAMEDIA - Bertepatan dengan Hari Sumpah Pemuda, ribuan buruh dan mahasiswa menggelar aksi unjuk rasa menolak Omnibus Law UU Cipta Kerja hari ini, Rabu 28 Oktober 2020.

Ketua Umum FSP LEM SPSI, Arif Minardi, mengatakan, aksi tersebut akan dimulai pukul 10.00 WIB.

Menurut Arif, dalam aksi buruh FSP LEM SPSI ini mengusung tema semangat Sumpah Pemuda melawan resesi ekonomi sebagai dampak pandemi Covid-19 dan menuntut Presiden Joko Widodo menerbitkan Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-Undang (Perppu) batalkan UU Cipta Kerja.

"Kami meminta bapak Presiden RI menerbitkan Perppu pembatalan UU Omnibus Law Cipta Kerja," kata Arif dalam keterangannya, Kamis 28 Oktober 2020.

Baca Juga: Hari Sumpah Pemuda, Megawati Soekarnoputri Serukan Penguasaan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi

Ia menambahkan, aksi tersebut akan diwarnai sejumlah orasi dari para buruh. Kemudian akan ada perwakilan buruh yang memakai pakaian daerah dalam aksi unjuk rasa.

"Setelah orasi akan dibacakan sumpah buruh dengan menghadirkan perwakilan buruh dengan memakai pakaian daerah," ungkapnya.

Sementara itu, Arif menilai bahwa masalah UU Ciptaker bukan karena kurangnya sosialisasi saja. Melainkan, sejak awal masalah utamanya adalah menyalahi aturan perundang-undangan yang berlaku.

"Permasalahan utamanya adalah karena sejak awal pembuatan rancangan, tidak mengikuti peraturan perundang-undangan yang berlaku, bahkan filosofi yang terdapat pada Pancasila dan UUD 1945 yaitu musyawarah untuk mufakat diabaikan," tuturnya.

Halaman:

Editor: Dicky Aditya


Tags

Komentar

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X