Silahkan Berwisata ke Garut Selama Libur Panjang Ini, Tapi...

- 29 Oktober 2020, 18:06 WIB
Bupati Garut, Rudy Gunawan. (Agus Somantri/Galamedia) /

GALAMEDIA - Bupati Garut Rudy Gunawan memastikan jika seluruh kawasan wisata yang berada di Kabupaten Garut bebas dari zona merah Covid-19, sehingga aman bagi wisatawan maupun pengunjung.

"Kebetulan di Tarogong Kaler (kawasan wisata air hangat Cipanas) tidak zona merah. Yang zona merah sekarang itu ada di Garut Kota, Cilawu dan Pangatikan," ujarnya, Kamis 29 Oktober 2020.

Meski seluruh kawasan wisata yang berada di wilayah Garut aman didatangi pengunjung, Rudy meminta agar masyarakat tetap patuh melaksanakan protokol kesehatan pencegahan Covid-19.

Baca Juga: Disorot Karena Pernyataannya Menghina Islam, Ini Sosok Presiden Prancis Emmanuel Macron

Menurut Rudy, pihaknya tidak bisa melarang pergerakan orang untuk berwisata ke Garut saat musim libur panjang ini. Namun ada catatannya, yakni wisatawan tetap mematuhi protokol kesehatan dengan selalu memakai masker, mencuci tangan dan menjaga jarak.

Bahkan ia menyebutkan, bagi daerah yang terkena status zona merah Covid-19, khusus kawasan wisatanya tetap diperbolehkan menerima pengunjung, dengan syarat pengetatan protokol kesehatan.

Rudy menambahkan, selain membuat imbauan perlunya penegakan protokoler kesehatan, Pemkab Garut juga telah menyiapkan tim medis untuk memeriksa kondisi kesehatan pengunjung atau wisatawan. Apabila diketahui kondisinya sakit dan sudah parah, maka akan dibawa ke rumah sakit.

Baca Juga: ASN Pemkot Cimahi Diminta Liburan di Rumah Saja

"Jadi ada dua yang kita lakukan, yaitu pengetatan protokol kesehatan di tempat wisata dan siapkan tenaga medis, termasuk Satpol PP melakukan itu, dengan TNI Polri," katanya.

Halaman:

Editor: Lucky M. Lukman


Tags

Komentar

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X