Sikapi Pilpres AS, Nurul Arifin Ajak Masyarakat Indonesia Perkuat Implementasi Ideologi Bangsa

- 7 November 2020, 16:14 WIB
Anggota DPR RI Nurul Arifin saat Sosialisasi 4 Pilar di GOR Pasanggrahan, Kecamatan Ujung Berung, Kota Bandung, Sabtu 7 November 2020. (Rio Ryzki Batee/Galamedia)
Anggota DPR RI Nurul Arifin saat Sosialisasi 4 Pilar di GOR Pasanggrahan, Kecamatan Ujung Berung, Kota Bandung, Sabtu 7 November 2020. (Rio Ryzki Batee/Galamedia) /

GALAMEDIA - Pemilu Presiden Amerika Serikat 2020 hampir memasuki tahap akhir, setelah Joe Biden dari Partai Demokrat mengantongi mayoritas suara elektoral dengan 280 poin pada Jumat, 6 November 2020. Biden pun selangkah lagi melenggang ke Gedung Putih.

Anggota Komisi I DPR RI, Nurul Arifin menilai, siapapun presiden Amerika yang terpilih, tidak memberikan dampak yang signifikan kepada Indonesia. Meski begitu, di bawah gaya kepemimpinan Joe Biden, akan ada perubahan dibandingkan pada era Donald Trump.

"Jadi kalau menurut saya, tentu tidak ada dampak secara langsung, apalagi Indonesia memerankan politik bebas aktif. Sehingga tidak akan ada perubahan yang signifikan dalam hal substantif," ungkapnya saat ditemui usai kegiatan Sosialisasi 4 Pilar di GOR Pasanggrahan, Kecamatan Ujung Berung, Kota Bandung, Sabtu 7 November 2020.

Baca Juga: Ferdinand Hutahaean Tampar Anies Soal Angka Pengangguran di Jakarta: Kegagalan Paripurna!

Menurutnya, Joe Biden sebelumnya merupakan Wakil Presiden dari Barrack Obama, dan Obama sendiri memiliki hubungan emosional pribadi dan kepentingan luar negeri yang baik dengan Indonesia.

Dengan demikian, hal tersebut dapat menjadi bekal cerminan bagi Joe Biden dalam menjalin hubungan luar negeri dengan negara-negara Asia Tenggara, salah satunya Indonesia. Terlebih sebagai sesama anggota WTO dan PBB.

Diakuinya bahwa saat ini politik luar negeri menjadi lebih menarik, seiring dengan terjadinya pandemi covid-19 yang melanda seluruh negara dan menjadi permasalahan global dunia.

Dimana perubahan secara aktif, terus dilakukan oleh semua negara di setiap sektor tatanan kehidupan, salah satunya optimalisasi pemanfaatan teknologi, informasi, dan komunikasi.

Baca Juga: JADWAL LIGA INGGRIS Akhir Pekan: Manchester City Vs Liverpool dan Everton Vs MU

Halaman:

Editor: Lucky M. Lukman


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x