Lukita : Saya Orang Pertama yang Menentang Pembangunan Jurassic Park di Pulau Rinca, Labuan Bajo

- 16 November 2020, 16:02 WIB
/

GALAMEDIA - Kepala Balai Taman Nasional Komodo, Lukita Awang Nistyantara menegaskan tidak ada proyek pembangunan "Jurassic Park" di Pulau Rinca, Labuan Bajo, Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur (NTT).

"Tidak ada pembangunan Jurassic Park di Pulau Rinca. Kalau ada pembangunan, jangan kan masyarakat, saya orang pertama yang akan menentang," tegas Lukita Awang Nistyantara yang dikutip dari Antara, Senin 16 November 2020.

Hal tersebut diungkapkan Lukita berkaitan dengan banyaknya pemberitaan miring tentang aktivitas pembangunan di Loh Buaya, Pulau Rinca setelah foto seekor Komodo menghadang truk viral di media sosial.

Baca Juga: Bukan Hanya Bakteri atau Jamur, Ini Penyebab Kemaluan Gatal

Menurutnya, kegiatan pembangunan yang tengah dilakukan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat saat ini di Loh Buaya adalah penataan sarana dan prasarana wisata alam di Pulau itu.

Kegiatan penataan sarana dan prasarana (Sarpras) wisata alam inipun hanya di lembah Loh Buaya dengan memanfaatkan kawasan seluas 1,3 hektare dari luas areal Pulau Rinca seluas 20 ribu hektare.

Kawasan yang digunakan untuk pembangunan Sarpras ini juga merupakan kawasan yang selama ini dijadikan sebagai area pembangunan berbagai fasilitas milik Taman Nasional Komodo.

Baca Juga: AirAsia Buka Lima Rute Penerbangan Baru, Bandung - Bali Seharga Rp745 Ribu

"Jadi bangunan lama yang dibongkar kemudian di bangun sarana yang lebih aman, baik untuk wisatawan maupun petugas di pulau itu. Jadi tidak benar, seolah-olah Pulau Rinca itu akan diubah total, sehingga mengganggu biawak Komodo," katanya.

Halaman:

Editor: Kiki Kurnia


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah