Film 'Akulah Samudera', Ingatkan kita Akan Pentingnya Potensi Laut

- 13 Juli 2020, 07:41 WIB
/


GALAMEDIA - Film dokumenter bertajuk Akulah Samudera atau I am the Ocean mengingatkan kepada kita akan pentingnya potensi laut untuk kesejahteraan masyarakat. Film ini akan tayang di acara Indonesia-Canada Congress.

Direktur Jenderal Pengelolaan Ruang Laut KKP Aryo Hanggono dalam siaran pers di Jakarta, Senin, 13 Juli 2020, menuturkan, film dokumenter Akulah Samudera bakal dijadwalkan tayang di acara Indonesia Canada Congress pada saat perayaan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia Tahun 2020 di Ottawa, Kanada.

"Berbicara masalah pesisir dan laut, mau tidak mau akan mengulas potensi sumberdaya, masyarakat, dan permasalahan yang ada di dalamnya," kata Aryo.

Baca Juga: Hamilton Dekati Rekor Sepanjang Masa yang Dipegang Schumacher

Aryo mengingatkan, luas lautan menguasai hampir dua pertiga wilayah Indonesia, dengan garis pantai yang panjangnya mencapai 99.093 kilometer, potensi sumberdaya kelautan dan perikanan serta ekosistemnya tentu sangat berlimpah.

Film cerita pendek ini sengaja dibuat dalam versi drama dokumenter, dengan pesan utamanya adalah penyadartahuan terhadap pentingnya ekosistem pesisir dan laut bagi masyarakat. Laut adalah sumber kehidupan, ekosistem adalah inti dari semuanya yang harus dijaga untuk keberlanjutan.

"Di sisi lain, pengelolaan sumberdaya pesisir belum memberikan manfaat yang berarti untuk kesejahteraan masyarakat sekitarnya, sementara keberadaannya semakin rentan. Kerentanan inilah yang diangkat dalam film cerita pendek berjudul Akulah Samudera," ujar Aryo.

Baca Juga: Gempa Magnitudo 5,2 Guncang Bantul, BMKG Sebut Dirasakan Hingga Pacitan

Kondisi pesisir yang semakin menurun dan degradasi ekosistem menjadi awal dari cerita Sang Biru untuk mengetahui sejarah Desa Kaliwilingi di Kabupaten Brebes dengan hutan mangrove yang sudah menjadi kawasan Ekowisata Desa Wisata Mangrove Sari. Desa wisata ini telah memberikan nilai tambah ekonomi bagi masyarakat sekitarnya.

Mangrove memiliki berbagai nilai dan manfaat, di antaranya sebagai pendukung dan habitat keanekaragaman hayati, serta sumber nafkah masyarakat.

Halaman:

Editor: Dadang Setiawan


Tags

Komentar

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X