Bisa Dicoba, Ini Makanan dan Minuman Terbaik yang Dapat Menurunkan Kolesterol

- 24 Januari 2021, 09:12 WIB
Ilustrasi bayam, sayuran yang dapat menurukan kadar kolesterol tubuh. /Pixabay/ poncephotography

GALAMEDIA - Kolesterol pada kadar normal, merupakan zat esensial bagi tubuh. Namun kelebihan kolesterol dalam tubuh akan disimpan di dinding bagian dalam pembuluh darah hingga mengurangi dan membatasi aliran darah dan meningkatkan risiko serangan jantung.

Ada dua jenis kolesterol yaitu, kolesterol LDL (low-density lipoprotein, kolesterol jahat) dan HDL (high-density lipoprotein, kolesterol baik).

Kadar kolesterol LDL yang tinggi secara medis dikenal sebagai hiperkolesterolemia. Jenis kolesterol ini meningkatkan risiko penyakit kardiovaskular, termasuk serangan jantung dan penyakit jantung.

Baca Juga: Fasilitas TNI Polri Jadi Sasaran Aksi Teroris yang Ditangkap di Aceh

Gaya hidup yang tidak sehat seperti makan di luar terlalu sering, tidak berolahraga, dan mengonsumsi makanan kaya lemak secara berlebihan, dapat meningkatkan risiko seseorang memiliki kadar kolesterol tinggi.

Selain penyakit kardiovaskular, kadar kolesterol yang tinggi dapat menyebabkan obesitas, kelumpuhan stroke, tekanan darah tinggi dan lainnya.

Tes darah dapat menentukan apakah Anda memiliki kolesterol tinggi. Dokter mungkin merekomendasikan olahraga atau pengobatan selain menerapkan diet yang lebih sehat untuk meningkatkan kesehatan Anda secara keseluruhan.

Baca Juga: Cegah Banjir, Satgas Citarum Kembali Tanam Bibit Buah di Cimenyan

Namun ada beberapa makanan yang membantu menurunkan kadar kolesterol. Berikut beberapa makanan tersebut seperti dilansirkan boldsky:

Halaman:

Editor: Dadang Setiawan

Sumber: Boldsky


Tags

Komentar

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X