Oarfish Naik ke Permukaan Pertanda Gempa dan Tsunami, Ahli: Hanyalah Takhayul Lama

- 1 Oktober 2020, 12:22 WIB
Oarfish. /Barcroft USA


GALAMEDIA - Kemunculan ikan oarfish kerap dikaitan dengan bakal terjadinya gempa besar dan tsunami. Soalnya ikan merupakan biota laut yang tinggal di laut dalam.

Menurut cerita rakyat Jepang ketika ikan perak panjang seperti ular ini muncul dari kedalaman, gempa bumi besar akan segera terjadi.

Namun para peneliti Jepang yang meneliti dari tahun 1928 tidak dapat menemukan korelasi apa pun antara penampakan oarfish dan gempa bumi besar.

"Orang hampir tidak dapat memastikan hubungan antara kedua fenomena tersebut," tulis ahli gempa Yoshiaki Orihara dan rekan-rekannya dalam makalahnya di Bulletin of the Seismological Society of America, baru-baru ini.

Baca Juga: Jatah September-Oktober, 1,7 Juta Warga Terima Beras Sebanyak 30 kg dari Bulog Jabar

Sebelumnya, beberapa ilmuwan telah mencoba menjelaskan legenda tersebut dengan menyatakan bahwa pergerakan lempeng tektonik dapat menghasilkan arus elektromagnetik yang mendorong oarfish dan pembengkakan laut dalam lainnya, seperti dealfish, ribbonfish, dan unicorn creshfish, ke perairan dangkal.

Oarfish hidup sekitar 200 meter (650 kaki) di bagian utara Pasifik dan Samudra Hindia, dan para ilmuwan percaya bahwa mereka bermigrasi ke Laut Jepang di Arus Tsushima.

Tetapi Orihara dan rekan-rekannya mengatakan ular laut ini tidak memprediksi gempa bumi.

Baca Juga: Kereta Cepat Jakarta-Bandung Lintasi Jembatan Sepanjang 2,8 km di Sungai Citarum

"Di surat kabar lokal domestik Jepang, kemunculan seperti itu sering diberitakan karena kemunculan yang jarang, bisa menarik pembaca," tulis mereka.

Halaman:

Editor: Dicky Aditya


Tags

Komentar

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X