Menulis Hal Negatif dan Membuangnya, Ternyata Bisa Meredakan Amarah dengan Cepat

- 12 April 2024, 17:22 WIB
Ilustrasi menulis hal negatif dan membuangnya bisa meredakan amarah.
Ilustrasi menulis hal negatif dan membuangnya bisa meredakan amarah. /Pexels/Andrea Piacquadio

 

GALAMEDIANEWS - Semua orang tentunya pernah merasakan marah. Namun untuk melampiaskan perasaan tersebut, setiap orang berbeda ada yang teriak, memarahi orang atau lainnya.

Namun ternyata ada cara cepat untuk meredam amarah tersebut. Dimana sebuah penelitian di Jepang mengungkapkan, menulis perasaan negatif ketika sedang jengkel atau marah dalam catatan dan langsung membuangnya memiliki dampak untuk meredakan amarah.

Penelitian ini melibatkan 50 peserta, dengan sengaja membuat jengkel para relawan dengan meminta mereka menuliskan perasaan negatif mengenai isu-isu sosial. Selanjutnya, mereka disuruh membuang tulisan mereka tersebut ke tempat sampah.

Baca Juga: Persib Bandung vs Persita Tangerang di Laga Liga 1, Bobotoh Dilarang Datang ke Stadion

Ternyata hal tersebut membuat efek menenangkan dengan cepat seiring dengan tingkat kemarahan mereka, dalam skala satu hingga enam, dengan cepat turun ke perasaan netral.

"Kami berharap metode kami akan menekan kemarahan. Namun, kami kagum bahwa kemarahan hampir bisa dihilangkan seluruhnya," kata penulis utama studi di Universitas Nagoya, Nobuyuki Kawai seperti dilansir laman Antaranews dari laman Channel News Asia, Jumat. 12 April 2024.

Namun sebaliknya, jika mereka menyimpan catatan kalimat negatif tersebut, mereka akan terus merasa marah.

Baca Juga: Resep Tumis Ayam Suwir ala Martin Praja Makanan Praktis Anti Mager

Kawai yakin bahwa metode ini dapat membantu orang-orang yang berada dalam situasi stres di tempat kerja. Hal ini terinspirasi dari tradisi Jepang yang dikenal sebagai hakidashisara.

Halaman:

Editor: Dadang Setiawan

Sumber: ANTARA


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah