Jelang Pemilihan Bupati Bandung, Sebanyak 660 Surat Suara Rusak

- 24 November 2020, 13:48 WIB
Ketua KPU Kab. Bandung Agus Baroya (kiri) dan Ketua Panwaslu Kec. Cileunyi Novi Rizal saat memantau gudang KPU di Desa Cileunyiwetan, Selasa 24 November 2020
Ketua KPU Kab. Bandung Agus Baroya (kiri) dan Ketua Panwaslu Kec. Cileunyi Novi Rizal saat memantau gudang KPU di Desa Cileunyiwetan, Selasa 24 November 2020 /Engkos Kosasih/galamedia
 
GALAMEDIA - Dua pekan jelang pemilihan Bupati dan Wakil Bupati (Pilbup) Bandung 9 Desember 2020 mendatang, sebanyak 660 surat suara rusak. Kerusakan surat suara telah diganti dengan surat suara cadangan. 
 
Hal itu diungkapkan Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupatèn Bandung, Agus Baroya saat memantau pengepakan surat suara Pilkada Bandung untuk Kecamatan Cileunyi di Gudang KPU Jalan Cikandang Desa Cileunyiwetan, Kecamatan Cileunyi, Kabupatèn Bandung, Selasa 24 November 2020.
 
Didampingi Katua Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Kecamatan Cileunyi, Novi Rizal Umam, Ketua Panitia Pemiihan Kecamatan (PPK) Cileunyi, Nurul Fajar dan sejumlah aparat Polsek Cileunyi, Agus mengatakan surat suara yang rusak sudah ditangani untuk diganti.
 
"Dari 2.356.412 hak pilih di Pilbup Bandung dengan 6.874 TPS surat suara yang diterima KPU sebanyak 2.441.898. Jumlah ini sudah termasuk surat suara cadangan," kata  Agus. 
 
 
Menurut Agus, semua barang-barang untuk kebutuhan Pilbup Bandung itu H-1 jelang hajatan Pilkada sudah didisbrusikan keseluruh Kelompok Panitia Pemungutan Suara (KPPS) di Kabupaten Bandung. 
 
Dikatakan Agus, barang-barang yang telah didistribusikan ke seluruh PPK di Kabupaten Bandung dan harus terkirim ke KPPS H-1 Pilbup Bandung ini yakni, surat suara, tinta, kabel ties, sampul surat suara sah, sampul surat  suara tidak sah, sampul surat suara tidak digunakan, sampul surat suara rusak/tidak dicoblos, sampul formulir A dan C, spidol besar, spidol kecil, lem perekat, plastik sedang, daftar paslon, pipet, karet, dan kotak suara terbuat dari kardus.
 
Saat memonitor pengepakan surat suara Pilbup Bandung tersebut, Agus sebelumnya sempat mengumpulkan anggota PPK Cileunyi untuk diberikan arahan, masukan dan memberikan suport. 
 
 
"Saya titip kepada anggota PPK Cileunyi bekerjalah sesuai aturan dan tupoksinya sambil berikhtiar dan berdo'a agar Pilkada Kabupaten Bandung ditengah pandemi corona  aman, lancar dan sehat," ucapnya.
 
Sementara itu Ketua PPK Cileunyi, Nurul Fajar didampingi Ketua Panwaslu Kecamatan Cileunyi, Novi Rizal Umam menyatakan, pihaknya sudah  siap untuk mendistribusikan barang-barang untuk Pilkada ke KPPS H-1.
 
"Hingga saat ini soal barang-barang untuk Pilkada Bandung tak ada persoalan. Bahkan gudang KPU pun tiap hari 24 jam dijaga ketat petugas Polsek Cileunyi," kata Nurul.
 
Menurut Nurul di dihajatan Pilkada Bandung ini, Kecamatan Cileunyi dari Daftar Pemilih Tetap (DPT) tercatat 112.543 hak pilih dan 320 TPS.
 
 
"Kita berharap saja Pilkada Bangung khusus di Kecamatan  Cileunyi ditengah pandemi corona berjalan aman, sukses dan sehat serta tingkat partisipasi pemilih tinggi," harapnya. ***
 
 
 

Editor: Kiki Kurnia


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x