Pantau Penerapan Prokes, Satpol PP Jaring 112 Pelanggar

- 8 Desember 2020, 19:42 WIB
Sebanyak 112 Pelanggar Prokes ditindak Satpol PP Kota Bandung.
Sebanyak 112 Pelanggar Prokes ditindak Satpol PP Kota Bandung. /Hj. Ati Suprihatin

GALAMEDIA - Kesadaran masyarakat sangat dibutuhkan dalam menerapkan protokol kesehatan (prokes). Masyarakat harus selalu menerapkan 3M (menggunakan masker, mencuci tangan, menjaga jarak) dan 1T (tidak berkerumun).

Demikian imbauan yang disampaikan Satpol PP Kota Bandung terkait dengan pemberlakukan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) Proporsional di Kota Bandung pascapeningkatan status Kota Bandung menjadi zona merah Covid-19.

Untuk memantau pelaksanaan protokol kesehatan di masyarakat, Satpol PP Kota Bandung melakukan operasi disiplin protokol kesehatan. Hari ini (Selasa, 8 Desember 2020) memasuki hari kedua operasi.

Baca Juga: Sambangi RS Polri, Fadli Zon: Keluarga Pengawal Habib Rizieq Tak Boleh Melihat Jenazah Putra Mereka

Operasi yustisi penegakan disiplin penggunaan masker tersebut dilaksanakan di tiga kecamatan, yaitu Kecamatan Andir, Kecamatan Astanaanyar, dan Kecamatan Bojongloa Kaler. Sasaran operasi adalah, daerah perbatasan, pasar hingga permukiman padat penduduk.

“Daerah tersebut dipilih karena merupakan kecamatan dengan kasus Covid-19 tertinggi. Ditambah dengan kecamatan dengan jumlah pelanggaran terbanyak pasa masa perketatan AKB lalu,” kata Kepala Satpol PP Kota Bandung, Rasdian Setiadi.

Sebanyak 112 orang terjaring dalam operasi tersebut. Sebanyak 21 orang dikenakan sanksi denda administrasi dengan total denda sebesar Rp1.050.000. "Sedangkan 91 orang lainnya diberikan sanksi sosial,” ujar Rasdian.

Baca Juga: Pangeran Arab Saudi Bongkar Kejahatan Israel: Ribuan Orang Palestina Dipenjara di Kamp Konsentrasi

Operasi serupa akan dilaksanakan di 12 kecamatan lainnya. “Selama empat hari ke depan operasi serupa masih digelar bersama dengan jajaran TNI, Polri, dan kewilayahan,” terang Koordinator Sub Bidang Pengamanan dan Penegakan Hukum pada Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kota Bandung ini.

Halaman:

Editor: Dadang Setiawan


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x