Ketum GP Ansor Jadi Menteri Agama: Gus Yaqut Anak Kyai Ternama, Pernah Berseteru dengan FPI

- 22 Desember 2020, 17:43 WIB
Ketua Umum Pimpinan Pusat  Gerakan Pemuda (GP) Ansor Yaqut Cholil Qoumas atau Gus Yaqut yang kini menjadi Menteri Agama.
Ketua Umum Pimpinan Pusat Gerakan Pemuda (GP) Ansor Yaqut Cholil Qoumas atau Gus Yaqut yang kini menjadi Menteri Agama. /Dok. GP Ansor

GALAMEDIA - Ketua Umum GP Ansor, Yaqut Cholil Qoumas atau Gus Yaqut secara mengejutkan ditunjuk Presiden Joko Widodo (Jokowi) sebagai Menteri Agama.

Putra dari KH Muhammad Cholil Bisri ini dulunya pernah berseteru dengan FPI. Polemik terkait dengan pembakaran bendera di Garut.

Dikutip dari berbagai sumber, Gus Yaqut lahir di Rembang, 4 Januari 1975. Ia merupakan putra dari KH Muhammad Cholil Bisri, salah satu pendiri PKB dan saudara dari Yahya Staquf, Katib Aam PBNU.

Baca Juga: Erick Thohir Pamer Foto Jadul Bareng Sandiaga dan Lutfi Usai Reshuffle Kabinet: Kayaknya Asik

Gus Yaqut kini masih menjabat sebagai Ketua Umum Gerakan Pemuda (GP) Ansor, salah satu badan otonom Nahdlatul Ulama (NU). Ia juga tercatat sebagai anggota DPR RI dari Fraksi Partai Kebangkitan Bangsa (PKB).

Gus Yaqut mengenyam pendidikan di SDN Kutoharjo (1981–1987), dan melanjutkan pendidikannya ke SMPN II Rembang (1987–1990), lantas meneruskan pendidikannya ke SMAN II Rembang (1990–1993). Gelar sarjananya diraih di Universitas Indonesia jurusan Sosiologi.

Sejak muda, Gus Yaqut sudah aktif berorganisasi dan mendirikan Persatuan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) cabang Depok (1996-1999) di kampus UI.

Baca Juga: Sandiaga Uno Jadi Menteri Pariwisata Gantikan Wishnutama, Risma Jabat Menteri Sosial

Karir politiknya dimulai di PKB Rembang. Gus Yaqut dipercaya menjadi Ketua Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Kabupaten Rembang (2001-2014).

Halaman:

Editor: Lucky M. Lukman


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x