Menjaga Ketahanan Pangan dan Toleransi, Ini yang Dilakukan Warga RW 10 Antapani Kidul

- 23 Desember 2020, 17:31 WIB
Peresmian Taman Gesamin (Gedung Sate Mini) di RW 10, Kel. Antapani Kidul, Kec. Antapani, Kota Bandung, Rabu, 23 Desember 2020. (Lucky M Lukman/Galamedia)
Peresmian Taman Gesamin (Gedung Sate Mini) di RW 10, Kel. Antapani Kidul, Kec. Antapani, Kota Bandung, Rabu, 23 Desember 2020. (Lucky M Lukman/Galamedia) /

GALAMEDIA - Banyak cara dilakukan untuk menjaga ketahanan pangan di tengah masa pandemi Covid-19. Salah satunya seperti yang dilakukan warga RW 10, Kel. Antapani Kidul, Kec. Antapani, Kota Bandung.

Ratusan KK di RW 10 itu sejak Juni 2020 lalu mulai berencana membangun sebuah taman dan gazebo yang lengkap dengan sejumlah fasilitas. Agar bisa berfungsi banyak, taman pun ditanami pohon produktif, termasuk kolam ikan dan pengolahan sampah.

Dinamai Taman Gesamin atau Gedung Sate Mini, taman ini memiliki gazebo yang atapnya menyerupai atap Gedung Sate Bandung di Jalan Diponegoro. Gazebo itu disebut juga sebagai "Pojok Toleransi".

Baca Juga: Naik Sepeda Motor, Warga Cimahi Ini Berangkat ke Mekah untuk Tunaikan Ibadah Haji

Sedangkan di sekitaran gazebo, ada taman yang cukup luas yang ditanami pohon produktif. Mulai dari jeruk, rambutan dan mangga. Ada juga kolam ikan yang ditanami lele dan nila.

Ketua Panitia Pembangunan, Dede Hamam mengatakan, Taman Gesamin itu dibangun sejak November 2020 dengan mengandalkan dana dari swadaya warga RW 10. Selain itu, ada juga bantuan dana dari pemerintah.

"Kurang lebih ada Rp 77 juta yang merupakan swadaya masyarakat di sini, ditambah Rp 50 juta dari pemerintah. Akhirnya taman ini pun terwujud," tutur Dede kepada wartawan di sela peresmian taman oleh Camat Antapani, Rahmawati Mulya, Rabu, 23 Desember 2020.

Ia mengungkapkan, ada dua tujuan dari dibangunnya taman dengan gazebo dan kolam ikan tersebut. Gazebo, ujarnya, dibangun sebagai tempat warga berkumpul, berdiskusi dan bersilaturahmi.

Baca Juga: Innalillahi, Bertambah 7.514, Kasus Covid RI Rabu 23 Desember 2020 Jadi 685.639 Orang

Halaman:

Editor: Lucky M. Lukman


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x