Cegah Covid-19, Bengpuspal Puspalad Ciptakan Alat Cuci Tangan Otomatis

- 28 Desember 2020, 15:00 WIB
Mesin cuci tangan otomatis karya Bengpuspal Puspalad
Mesin cuci tangan otomatis karya Bengpuspal Puspalad /Humas Kodiklat TNI AD


GALAMEDIA - Salah satu langkah utama dalam rangka memutus penyebaran virus Covid-19 adalah dengan secara rutin mencuci tangan dengan menggunakan sabun dan air mengalir.

Maka dari itu fasilitas pencuci tangan yang memenuhi standar kesehatan memegang peranan penting dalam upaya memerangi virus Covid-19.

Untuk itu, Bengkel Pusat Peralatan Pusat Peralatan Angkatan Darat membuat alat cuci tangan otomatis.

Alat cuci tangan otomatis ini terdiri dari 6 bagian utama yaitu tempat sabun cair, kran air, alat pengering dan tempat pembuangan tisu.

Baca Juga: Komnas HAM Miliki Rekaman CCTV Sebelum hingga Saat Kejadian Penembakan, Mahfud MD Minta Dibuka

Semuanya terhubung dengan sensor gerak (motion censor), tempat tisu gulung dan wastafel.

Tujuan penggunaan sensor gerak adalah untuk menghindari kontak fisik secara langsung antara personel yang akan melakukan cuci tangan dengan alat cuci tangan.

“Kita banyak menemui alat cuci tangan yang mekanismenya masih manual dalam hal ini terjadi kontak fisik antara orang yang melaksanakan cuci tangan dengan alat cuci tangan itu sendiri sehingga alat  tersebut malah berpotensi menjadi penerus penyebaran virus Covid-19”, terang Dandenma Kodiklatad, Kolonel Inf Iswanto, Senin 28 Desember 2020.

Baca Juga: ADB: Banyak Traveller yang Menahan Diri Bepergian, Sektor Pariwisata Belum Bisa Pulih di Tahun 2021

Dandenma Kodiklatad menyebut, Bengpuspal Puspalad juga sudah banyak berkontribusi membantu Kodiklatad maupun satuan jajaran di Bandung-Cimahi dalam pencegahan penyebaran virus Covid-19 yaitu dengan secara rutin menyemprotkan cairan disinfektan.***

Editor: Brilliant Awal


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah