Heboh Varian Virus Baru, Ganjar Minta Masyarakat Tetap Disiplin Terapkan Protokol Kesehatan

- 28 Desember 2020, 16:58 WIB
Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo.
Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo. /Dok PDI Perjuangan/

GALAMEDIA - Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo meminta masyarakat mewaspadai terjadinya mutasi virus corona jenis baru dan tetap menerapkan protokol kesehatan secara ketat dalam kehidupan sehari-hari.

"Kami sudah mengikuti ini (mutasi virus corona, red) dan UGM sudah memperingatkan sejak September lalu. Jadi sebenarnya ada, tapi tidak perlu khawatir, hanya sekarang kita harus jauh lebih waspada, minimal dari diri kita sendiri," katanya usai memimpin rapat koordinasi penanggulangan Covid-19 di kantor Gubernur Jateng, Senin 28 Desember 2020.

Ganjar menjelaskan, saat ini vaksin Covid-19 sudah disiapkan dan pemerintah sudah menyiapkan pelaksanaan vaksinasi, baik sumber daya manusia, peralatan hingga pihak-pihak yang akan melakukan tes tersebut.

Baca Juga: Komnas HAM Sudah Periksa Anggota Polisi yang Bertugas di Malam Pengejaran Mobil HRS

Kendati demikian, lanjut dia, masyarakat tidak boleh abai dengan protokol kesehatan mengingat pandemi Covid-19 belum usai.

"Meski vaksin sudah ada, tapi ingat bahwa vaksin yang sudah ada saat ini harus dioptimalkan. Apa itu, ya masker ini. Vaksin yang baik ya jaga jarak, cuci tangan pakai sabun karena inilah vaksin yang paling hebat. Kita tidak bisa bergantung hanya pada vaksin yang ada nanti," ujarnya.

Orang nomor satu di Jateng itu meminta masyarakat melakukan pengendalian dari diri masing-masing dan bertanggung jawab pada keluarga serta lingkungan agar bisa mempercepat memutus mata rantai penyebaran Covid-19.

Baca Juga: Heboh Varian Baru Virus Corona, Warga Negara Asing Ditolak Masuk Indonesia Selama 14 Hari

Ganjar mengaku belum tahu apakah virus corona jenis baru sama seperti yang ada di Inggris, namun beberapa pekan yang lalu dirinya sudah mendapatkan informasi bahwa mutasi virus ini sudah sampai ketujuh.

Halaman:

Editor: Kiki Kurnia


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x