Komnas HAM Klaim Sudah Mengetahui Detail Penembakan Terhadap Anggota FPI di Tol Jakarta-Cikampek

- 4 Januari 2021, 19:06 WIB
Komnas HAM menunjukan barang bukti penyelidikan kasus tewasnya enam orang laskar FPI dalam konferensi pers di Gedung Komnas HAM Jakarta, 28 Desember 2020.
Komnas HAM menunjukan barang bukti penyelidikan kasus tewasnya enam orang laskar FPI dalam konferensi pers di Gedung Komnas HAM Jakarta, 28 Desember 2020. /Komnas HAM RI/

GALAMEDIA - Runtutan kronologis penambakan terhadap 6 anggota FPI di Tol Jakarta-Cikampek Kilometer 50, Senin 7 Desember 2020 lalu, segera diumumkan Komnas HAM.

Komnas HAM juga mengklaim sudah mengetaui detail kronologisnya.

Ketua Komnas HAM Ahmad Taufan Damanik kepada ANTARA mengatakan, Komnas HAM akan mendasarkan kronologis peristiwa itu dari hasil pengecekan kamera pengawas (CCTV) Jasa Marga, serta hasil uji balistik dan uji forensik.

"Ya, pasti (menjelaskan runtut kronologis). Insyaallah, pekan ini (diumumkan). Paling lambat, awal pekan depan," kata Taufan melalui pesan singkat yang diterima di Jakarta, Senin, 4 Januari 2021.

Baca Juga: Terungkap! Efektivitas Vaksin Covid-19 Hanya Bisa Diketahui Setelah Proses Ini

Menurut Taufan, Tim Pemantauan dan Penyelidikan Komnas HAM juga sudah mengetahui detail kejadian tersebut dari pengecekan kamera pengawas.

Tim Komnas HAM juga sudah melakukan uji rekonstruksi di areal parkir sisi kanan Kantor Komnas HAM, Jakarta Pusat, Senin 4 Januari 2021 pukul 14.30 WIB tadi.

Kendati pada tanggal 28 Desember 2020, anggota Komnas HAM Beka Ulung Hapsara menyebutkan rekaman CCTV masih 'kasar' dan memerlukan analisis lebih mendalam.

Baca Juga: Aksinya Terekam CCTV, Tujuh Anggota Geng Motor Diciduk Karena Menganiaya Warga

Halaman:

Editor: Dadang Setiawan

Sumber: ANTARA


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x