Survei Voxpopuli Research Center: Kepuasan Publik Terhadap Presiden Jokowi Alami Kenaikan

- 5 Januari 2021, 14:13 WIB
Presiden Joko Widodo.
Presiden Joko Widodo. /Setpres RI

GALAMEDIA - Hasil survei yang dilakukan Voxpopuli Research Center menunjukkan tingkat kepuasan publik terhadap Presiden Joko Widodo mengalami kenaikan.

"Memasuki 2021, tingkat kepuasan rakyat terhadap kepemimpinan Presiden Jokowi mengalami kenaikan, di mana angka kepuasan mencapai lebih dari 70 persen," kata Direktur Eksekutif Voxpopuli Research Center Dika Moehamad dalam keterangan tertulisnya di Jakarta, Selasa 5 Januari 2021.

Dia mengatakan pada momentum satu tahun periode kedua bulan Oktober 2020, tingkat kepuasan terhadap Jokowi mencapai 64,7 persen. Angkanya kini naik menyentuh 70 persen, tepatnya 72,8 persen.

Baca Juga: Presiden Jokowi Teken PP 76 Tahun 2020, Pembuatan Baru dan Perpanjangan SIM Bisa Gratis

Sementara itu angka ketidakpuasan turun dari 30,6 persen menjadi 23,3 persen. Sisanya menyatakan tidak tahu/tidak menjawab (4,7 persen-3,9 persen).

Selama 2020, kata Dika, ujian berat dialami bangsa Indonesia dengan penyebaran wabah COVID-19 diikuti dengan anjloknya perekonomian. Fenomena tersebut berlangsung secara global, seluruh dunia masih berjuang untuk bisa keluar dari krisis kesehatan dan krisis ekonomi yang menyertai tersebut.

Pilihan kebijakan Jokowi untuk menyeimbangkan antara persoalan wabah dengan soal ekonomi dinilai publik paling tepat.

Baca Juga: Sejumlah Inovasi Baru Disiapkan, PT POS Siap Salurkan Bantuan Sosial Tunai 2021

"Tentu saja masih ada masalah di sana-sini, dari masih naiknya penularan virus hingga korupsi dalam penyaluran bansos, tetapi secara umum publik melihat Jokowi masih menjadi figur yang paling layak dipercaya," kata Dika.

Halaman:

Editor: Kiki Kurnia


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x