Tembus Angka Satu Juta yang Positif Covid-19, Menkes Minta para Nakes Segara untuk Menjalani Vaksinasi

- 27 Januari 2021, 11:05 WIB
Menkes Budi Gunadi Sadikin.
Menkes Budi Gunadi Sadikin. / Twitter/@KemenkesRI/Twitter/@KemenkesRI

GALAMEDIA - Para tenaga kesehatan yang belum mendapat suntikan vaksin Covid-19 untuk segera menjalani vaksinasi.Demikian permintaan itu disampaikan Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin, di kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Rabu 27 Januari 2021.

"Ini menunjukkan proses vaksinasi untuk batch pertama bisa dalam waktu singkat dan dapat memotivasi para nakes (tenaga kesehatan) di Indonesia agar mereka yang belum suntik yang pertama mengejar yang pertama dan yang sudah disuntik pertama segera disuntik yang kedua," ujar Budi.

"Setelah divaksin nanti antibodi akan terbentuk satu sampai dua minggu dan Insya Allah teman-teman dapat bekerja lebih tenang karena memang nakes risikonya tinggi," tambahnya.

Baca Juga: Resmi Dilantik Jadi Kapolri, Pangkat Listyo Sigit Prabowo Naik Satu Tingkat jadi Jenderal Polisi

Budi menyampaikan hal itu usai menjalani vaksinasi Covid-19 kedua bersama dengan Presiden Joko Widodo, Sekretaris Jenderal Majelis Ulama Indonesia Amirsyah Tambunan, Rais Syuriah Pengurus Besar Nahdlatul Ulama KH Ahmad Ishomuddin, Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto, Kapolri Jenderal Pol Idham Azis, pesohor Raffi Ahmad, serta tokoh publik lainnya.

Ia kembali mengingatkan bahwa angka kasus Covid-19 di Indonesia sudah mencapai 1.012.350 orang per 26 Januari 2021.

"Kemarin angkanya menembus satu juta. Ada dua momen penting harus kita tarik dari angka ini. Pertama momen berduka karena ada 600 orang nakes yang meninggal dan banyak teman yang kita kenal juga meninggal. Ini momen refleksi bahwa virusnya memang ada dan ini serius," katanya.

Baca Juga: WHO Revisi Kriteria Penyintas Covid-19, Ini Kriteria dan Langkah yang Ditempuh Bagi Meraka yang sudah Sembuh

Supaya penularan Covid-19 bisa segera dikendalikan, ia mengatakan, masyarakat harus disiplin menjalankan protokol kesehatan sementara pemerintah berupaya menekan penularan dengan melakukan pelacakan, pemeriksaan, dan penanganan kasus infeksi virus corona.

Halaman:

Editor: Kiki Kurnia


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x