Kurs Rupiah dan IHSG Hari Ini Sama-sama Terkoreksi yang Dipicu Kekhawatiran Soal Stimulus di Amerika Serikat

- 28 Januari 2021, 10:19 WIB
Ilustrasi uang tunai.
Ilustrasi uang tunai. /Pixabay

GALAMEDIA - Hari ini, Kamis 28 Januari 2021, nilai tukar (kurs) rupiah yang ditransaksikan antarbank di Jakarta diperkirakan terkoreksi dipicu kekhawatiran soal stimulus di Amerika Serikat.

Hingga pukul 10.08 WIB, rupiah melemah 43 poin atau 0,3 persen ke posisi Rp14.093 per dolar AS dari posisi penutupan perdagangan sebelumnya Rp14.050 per dolar AS.

Kepala Riset dan Edukasi Monex Investindo Futures Ariston Tjendra mengatakan, rupiah berpotensi melemah hari ini terhadap dolar AS mengikuti kejatuhan dalam indeks saham AS semalam.

"Kejatuhan ini mengindikasikan keengganan pelaku pasar untuk masuk ke aset berisiko saat ini," katanya.

Baca Juga: Jenderal TNI Andika Perkasa Akan Melepas Jenderal (Purn) Wismoyo Arismunadar ke Pemakaman Giribangun Solo

Ia menuturkan, beberapa sentimen negatif yang terakumulasi seperti kekhawatiran rencana stimulus besar dari Presiden Joe Biden tidak akan secepat dan sebesar yang diharapkan dan kasus pandemi dunia yang masih meninggi, turut menekan aset berisiko.

Menurut Ariston, stimulus sangat diharapkan untuk membantu pemulihan ekonomi, pengendalian pandemi, dan kelancaran vaksinasi.

Hal yang sama terjadi pada Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) Bursa Efek Indonesia (BEI) pada Kamis pagi terkoreksi seiring pelemahan bursa saham global.

Baca Juga: Zikir dengan Suara yang Tidak Berlebihan Sangat Dianjurkan Apabila Ingin Selamat dari Sikap Riya

Halaman:

Editor: Kiki Kurnia


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x