Ridho Rhoma Ditangkap Lagi Karena Narkoba, Penelitian Ungkap Alasan Seseorang Bisa Kembali Terjerumus

- 7 Februari 2021, 21:36 WIB
Ridho Rhoma kembali terjerat kasus narkoba.
Ridho Rhoma kembali terjerat kasus narkoba. /Instagram/@ridho_rhoma

GALAMEDIA – Hari ini, Minggu 7 februari 2021, jagat maya dihebohkan dengan berita penyanyi dangdut Ridho Rhoma yang diduga terkait dugaan penyalahgunaan narkoba.

Polisi membenarkan soal berita penangkapan putra raja dangdut Rhoma Irama. Bahkan berdasarkan pemeriksaan atau tes narkoba, Ridho Rhoma dinyatakan positif Amphetamine.

Yang lebih mengejutkan, Ridho Rhoma bukan kali pertama tersandung kasus narkoba. Pada tahun 2017 yang lalu, pria pelantun lagu ‘haruskah berakhir ini’ sempat diproses hukum dengan kasus yang sama.

Baca Juga: Jaksa Tuntut 4 Tahun Penjara, Pinangki Sirna Malasari Bakal Divonis 20 Tahun?

Bukan tanpa alasan, seseorang yang telah terjerumus atau mengonsumsi narkoba tetap berpotensi kembali terjerumus kedalam jurang yang sama kendati telah direhabilitasi.

Sebuah studi yang dilakukan oleh Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Esa Unggul pada tahun 2016 mengungkapkan, seseorang yang pernah mengonsumsi narkoba masih ada potensi kembali kambuh (relapse).

Dari hasil penelitian diketahui, faktor kemudahan memperoleh narkoba, alat yang mengingatkan masa lalu, pemulihan yang pernah dijalani, dukungan keluarga, dukungan sosial, dan pengaruh teman berperan dalam penyebab terjadinya relapse.

Baca Juga: Alhamdulillah, Bupati dan Wabup Pangandaran Dinyatakan Sembuh dari Covid-19

Dari hasil penelitian juga, seperti dilansirkan laman esaunggul.ac.id. diketahui, pengaruh orang dekat sangat dominan menyebabkan terjadinya relapse.

Halaman:

Editor: Dadang Setiawan


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x