Deretan Gempa Bumi Berketuatan Besar yang Pernah Melanda Jepang

- 14 Februari 2021, 16:04 WIB
Ilustrasi bangunan runtuh akibat gempa.
Ilustrasi bangunan runtuh akibat gempa. /pixabay/Angelo_Giordano/

 

GALAMEDIA - Gempa Bumi berkekuatan 7.3 magnitudo, baru saja melanda negara Jepang, tepatnya di wilayah Fukushima, pada Sabtu, 13 Februari 2021 malam.

Hingga saat ini tercatat tidak ada korban jiwa dan hanya sekitar 100 orang yang mengalami luka-luka. Namun kota-kota sempat lumpuh total akibat gempa bumi tersebut.

Gempa tersebut memicu terjadinya tanah longsor, bangunan runtuh, warga terkena krisi air, hingga kereta cepat Shikansen arah utara tertunda pemberangkatannya akibat di sepanjang jalur rel mengalami kerusakan yang cukup parah.

Baca Juga: Peringkat Reputasi Anggota Girl Band Febuari Diumumkan, Jennie dan Rose Menduduki Peringkat Teratas

Sementara itu, ini bukan kali pertama negeri samurai tersebut dihantam gempa bumi yang sangat besar. Karena Jepang sendiri merupakan salah satu daerah seismik yang paling aktif di dunia.

Tercatat, sedikitnya Jepang menyumbang sekitar 20 persen dari gempa bumi berkekuatan 6 atau lebih besar di dunia hingga saat ini.

Berikut beberapa gempa bumi yang pernah melanda Jepang sebelum gempa yang terjadi di wilayah Fukushima malam tadi, yang Galamedia rangkum dari berbagai sumber:

Baca Juga: JK Bertanya dan Presiden Menjawab, Ini Cara Mengkritik Agar Tidak Dipolisikan Berdasarkan Undang-Undang  

1. Gempa Bumi Kanto

Halaman:

Editor: Kiki Kurnia


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x