Alhamdulillah, 44 Warga Binaan Lapas Sukamiskin Telah Sembuh dari Paparan Covid-19

- 25 Februari 2021, 15:26 WIB
Kepala Lapas Kls I Sukamiskin Bandung, Asep Sutandar.
Kepala Lapas Kls I Sukamiskin Bandung, Asep Sutandar. /Dicky Aditya/Galamedia News/



GALAMEDIA - Sebanyak 44  warga binaan Lapas Kls I Sukamiskin telah sembuh dari virus corona (Covid-19) usai menjalani perawatan di rumah sakit dan isolasi mandiri.

"Kini sisanya sekira 46 melakukan Isoman dan 12 orang menjalani perawatan di rumah sakit. Mereka menjalani isolasi mandiri khusus di dalam Lapas bagi yang tidak bergejala dan sebagian ada yang masih dirawat di rumah sakit karena memiliki penyakit penyerta," ungkap Kepala Lapas Kls I Sukamiskin Bandung, Asep Sutandar di kantornya, Jalan A.H. Nasution Kota Bandung, Kamis, 25 Februari 2021.

Disebutkan, hal itu merupakan hasil  swab test yang dilakukan terhadap seluruh pegawai, warga binaan dan mitra kerja secara massal dalam rangka memutus mata rantai penyebaran Covid-19.

Baca Juga: Anak Anjing yang Lahir Dengan 6 Kaki dan 2 Ekor Disebut Keajaiban

Asep mengakui capaian keberhasilan ini tidak lepas dari langkah-langkah dan upaya bersama secara disiplin dalam menerapkan strategi penanganan Covid-19 di Lapas Sukamiskin.

Salah satu strategi penanganan pasien positif warga binaan ini penyediaan tempat isolasi satu blok hingga berjauhan dengan mereka yang terbebas virus tersebut.

"Seluruh warga binaan yang dinyatakan positif walau tanpa gejala, kita satukan dalam satu titik blok hunian agar mudah dipantau tim medis dan petugas," terang Asep didampingi Kabid Pembinaan dan Registrasi, Iwan Gunawan.

Baca Juga: Lia ITZY Dituding Melakukan Bullying di Sekolah, JYP: Rumor Itu Sepenuhnya Salah

Tak hanya itu. "Alur lalu lintas dan mobilitas mereka pun kita buat khusus agar tidak berinteraksi dulu dengan warga binaan yang negatif," jelasnya.

"Mereka kita berikan waktu berolah raga selama 20 menit sambil berjemur setiap harinya dan didampingi tim medis dengan menggunakan APD lengkap," ujar Asep.

Peningkatan kesembuhan warga binaan positif Covid-19 ini tidak terlepas dari kecepatan dan kecerdasan Kalapas dalam melakukan langkah - langkah penanganan sesuai Prokes yang tertuang dalam aturan Permenkes dan Permenkumham.

Baca Juga: Mengejutkan! Iwan Fals Ingin Jokowi Debat dengan Rocky Gerung: Kali Aja Ada Manfaat yang Bisa Diambil

"Obat-obatan, makanan tambahan dan suplemen rutin diberikan terhadap mereka," terangnya.

"Bahkan dari pihak luar yang memiliki kepedulian tinggi seperti Jamu Mustika Ratu memberikan bantuan jamu pil dan dibagikan ke seluruh warga binaan," tandasnya.

Bagi warga binaan negatif diberikan 4 butir sehari, dimana 2 butir untuk pagi hari dan dua butir lagi sore harinya. Sedangkan bagi yang terkonfirmasi positif diberikan 4 pil sekali minum.

Baca Juga: Iwan Fals Ingin Pertemukan Jokowi dan Rocky Gerung: Mungkin Jadi Hiburan yang Sehat Dimasa Pandemi

"Dengan penanganan yang sangat baik ini mudah-mudahan mereka (warga binaan yang positif) akan segera pulih dan dinyatakan negatif, semua," harap Asep.***

Editor: Dicky Aditya


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x