Hari Ini 2 Maret 2021, Tepat Satu Tahun Virus Corona Ada di Indonesia dan Saat Ini Kasusnya Capai 1.341.314

- 2 Maret 2021, 10:21 WIB
Ilustrasi virus corona Covid-19 di Indonesia.
Ilustrasi virus corona Covid-19 di Indonesia. /Kolase Pixabay/

GALAMEDIA - Wabah virus Corona yang bermula dari Wuhan, Provinsi Hubei, China, pada Desember 2019. Wabah ini mengalami masa puncaknya pada Januari 2020.

Sejumlah negara di Asia Tenggara atau anggota ASEAN lantas mulai melaporkan kasus pertama Corona. Kasus pertama yang dilaporkan ini adalah kasus impor dari Wuhan.

Mereka yang melaporkan kasus kasus impor dari Wuhan itu adalah Thailand, Singapura, Vietnam, Malaysia, dan Filipina. Semua negara itu melaporkan kasus pertama Corona pada Januari 2020.

Baca Juga: Bupati Bandung Terpilih Divaksin Covid-19
Sedangkan Indonesia pertama kali mengkonfirmasi kasus Covid-19 pada Senin 2 Maret 2020. Ketika itu, Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengumumkan ada dua orang Indonesia positif terjangkit virus Corona yakni perempuan berusia 31 tahun dan ibu berusia 64 tahun.


Kasus pertama tersebut diduga berawal dari pertemuan perempuan 31 tahun itu dengan WN Jepang yang masuk ke wilayah Indonesia. Pertemuan terjadi di sebuah klub dansa di Jakarta pada 14 Februari silam.

Baca Juga: Bela Presiden Jokowi Legalkan Miras, Mantan Politisi Partai Demokrat Ini Sebut Aneh Soal Miras Diributkan

Mitos Indonesia 'kebal' Corona pun patah. Saat itu setidaknya sudah ada 50 negara yang sudah mengkonfirmasi memiliki kasus Covid-19. China sendiri melaporkan ke WHO mengenai adanya beberapa kasus pneumonia aneh di Wuhan pada Desember 2019.

Hingga pada hari ini Selasa 2 Maret 2021, sudah satu tahun berlalu sejak kasus Corona pertama di Indonesia diumumkan oleh pemerintah. Total kasus positif Covid-19 di Indonesia kini sudah mencapai 1.341.314 orang.

Baca Juga: Terjerat Kasus Korupsi, Mantan Presiden Prancis Nicolas Sarkozy Divonis 3 Tahun Penjara

Halaman:

Editor: Hj. Eli Siti Wasilah


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x