Waduh! Irwan Fecho Sebut Mudik Lebaran 2021 sebagai ‘Jebakan Batman’ bagi Rakyat, Ada Apa Ya?

- 20 Maret 2021, 09:16 WIB
Anggota DPR RI F-Demokrat Irwan Fecho. /
Anggota DPR RI F-Demokrat Irwan Fecho. / /Instagram/@irwanfecho

GALAMEDIA – Wakil Sekretaris Jenderal (Wasekjen) Partai Demokrat, Irwan Fecho menyebut izin mudik lebaran 2021 yang diberikan Menteri Perhubungan (Menhub) merupakan suatu jebakan bagi masyarakat Indonesia.

Menurutnya, hal tersebut dapat dibuktikan dengan kenaikan tarif tes screening Covid-19 dengan GeNose. Kenaikan tarif tersebut ternyata telah diterapkan oleh PT Kereta Api Indonesia (PT KAI).

Oleh karena itu, Irwan meminta kepada Menhub untuk menyediakan fasilitas screening Covid-19 yang terjangkau untuk seluruh kalangan. Menurutnya, kenaikan tersebut dapat memberatkan masyarakat khususnya masyarakat kalangan kelas bawah.

Baca Juga: Ingin Segera Berdamai, Pemerintah Afghanistan dan Taliban Percepat Proses Perdamaian

“Pemerintah bolehkan mudik lebaran. KAI naikkan tarif Genose. Jebakan Batman bagi rakyat,” ujar Irwan Fecho yang dikutip Galamedia dari akun Twitter pribadinya, @irwan_fecho, 20 Maret 2021.

Sebelumnya, Menhub Budi Karya Sumadi telah mengungkapkan bahwa pihaknya tidak bisa melarang atau mengizinkan mudik. Menurutnya, hal tersebut harus dikoordinasikan dengan Satgas Covid 19 yang akan memberikan arahan lebih lanjut kepada masyarakat.

Meskipun tidak dilarang mudik lebaran, Menhub mengungkapkan bahwa pemerintah akan memberikan beberapa syarat kepada masyarakat sebelum mudik ke kampung halamannya.
Pertama, pemerintah akan mempersingkat masa berlaku alat deteksi virus corona seperti GeNose, Rapid Test, atau PCR Test.

Baca Juga: Ini Ungkapan Bahagia Ridwan Kamil untuk Aprilia Manganang yang Pernah Membela Tim Bola Voli Putri Jabar

Kedua, wajib mematuhi protokol kesehatan secara ketat. Seperti memakai masker, melaksanakan jaga jarak, melakukan desinfeksi prasarana/sarana, pemberlakuan pembatasan penumpang dan pengaturan jadwal layanan.

Halaman:

Editor: Hj. Eli Siti Wasilah


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x