Waduh! Dedek Prayudi Bongkar Misteri Hasil Survei Capres Pilihan Anak Muda

- 24 Maret 2021, 10:38 WIB
Politisi PSI, Dedek Prayudi.
Politisi PSI, Dedek Prayudi. /tangkap layar instagram.com/uki_dedek/

GALAMEDIA – Eks Juru Bicara PSI, Dedek Prayudi menyebut bahwa sampel yang digunakan Indikator Politik Indonesia pada survei calon presiden (capres) adalah para pemuda yang saat ini masih berusia 17-21 tahun.

Menurutnya, pada 2024, mereka akan berusia 20-24 tahun. Berdasarkan proyeksi penduduk rentang tahun 2015-2045 dari BPS, proporsi mereka akan mencapai 7.83% dari total penduduk, atau 10,69% dari total pemilih.

“Yang disurvei oleh Indikator pada 2021 adalah pemuda/i yang hari ini berusia 17-21 tahun. Pada 2024 nanti, mereka akan berusia 20-24 tahun. Kalau menurut proyeksi, proporsi mereka mencapai 7.83% dari total penduduk, atau 10,69% dari total pemilih. Begitu cara bacanya. Bukan 40%!,” tulis pria yang kerap disapa Uki yang dikutip dari akun Twitter pribadinya, @Uki23, 24 Maret 2021.

Menurutnya, kelompok penduduk yang berusia 20-24 itu hanya 1 dari 12,5 kelompok umur peserta Pemilu. Selain itu, rentang usia tersebut masih tergolong ke dalam sebagian kecil dari kelompok umur yang dapat dikatakan sebagai pemuda.

Baca Juga: Jadi Contoh, Plt Wali Kota Cimahi Lakukan Pembayaraan PBB-P2 atas Tanah dan Rumah Pribadi pada Mobil Bappenda

Berdasarkan UU kepemudaan, Uki mengungkapkan bahwa seseorang dapat dikatakan sebagai pemuda jika tergolong ke dalam kelompok umur 16-30 tahun.
Berdasarkan hasil survei dari Indikator Politik Indonesia, suara Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan telah meraup 15,2% suara.

Jika dibandingkan dengan jumlah suara di kelompok seluruh usia, maka suara tersebut hanya mencapai angka 1,6% suara.

“Belum lagi bicara kecenderungan berubah pilihan yang tinggi di kalangan pemuda,” pungkasnya.

Sebelumnya, Indikator Politik Indonesia merilis temuan survei nasional suara anak muda terkait isu-isu sosial, politik dan bangsa, salah satunya terkait pilihan presiden jika pemilu dilakukan saat ini. Hasilnya, nama Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo kembali bersaing.

Halaman:

Editor: Kiki Kurnia


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x