Jelang Ramadhan, Disdagin Kota Bandung Cek Harga Kebutuhan Pokok yang Biasanya Naik!

- 5 April 2021, 13:03 WIB
Ilustrasi Daging Sapi di Pasar/
Ilustrasi Daging Sapi di Pasar/ /Pixabay

GALAMEDIA - Jelan bulan suci Ramadhan yang jatuh pada pertengahan bulan April 2021, Dinas Perdagangan dan Perindustrian (Disdagin) Kota Bandung mengecek harga dan stok pangan.

Kepala Disdagin Kota Bandung Elly Wasliah di Bandung, Senin 5 April 2021, mengatakan menjelang Ramadhan pemeriksaan pangan di pasaran harus dilakukan untuk mencegah kenaikan harga komoditas tersebut.

Rencananya Rabu 7 April 2021, lusa Disdagin bersama Wali Kota Bandung Oded M Danial bakal melakukan pengecekan ke sejumlah gudang dan pasar.

"Rencana kami akan meninjau ke gudang Bulog yang ada di Gedebage, bagaimana ketersediaan beras, minyak goreng, terigu, gula, semuanya yang ada di Bulog juga, berikut harganya, setelah dari Bulog kami akan lanjutkan meninjau ke gudang ritel, toko swalayan," katanya.

Baca Juga: Dokter Tirta Berikan Komentar Terkait Pernikahan Atta-Aurel yang Dihadiri Presiden Jokowi: Kasian Atta

Selain itu, pengecekan juga dilakukan guna mencegah adanya penimbunan stok pangan yang bakal menyebabkan kenaikan harga. Dalam hal tersebut, pihaknya berkoordinasi dengan Satgas Pangan Polrestabes Bandung.

Apabila nantinya ada kenaikan harga komoditas pangan, menurutnya pihaknya akan langsung menelusuri penyebabnya dengan melalui koordinasi dengan daerah produsen.

"Misalnya ada kenaikan harga ayam, misalnya, kami akan mengecek ke daerah produsennya di Ciamis, berapa harganya ketika sampai Bandung, kalau misalnya ditemukan ada pihak yang mengambil keuntungan, berarti ada yang bermain," kata Elly.

"Kalau kenaikannya wajar ya kita tidak akan melaporkan, tapi kalau yang tidak wajar ini yang kita harus laporkan," tambahnya.

Baca Juga: Usai Buat Dongkol Yasonna Laoly, AHY Cs Mendadak Satu Suara: Demokrasi Jaya! AHY Yes!

Selain ke gudang dan toko swalayan, dia mengatakan pihaknya pada Kamis (8/4) akan melakukan juga pengecekan ke Pasar Sederhana, Bandung. Dia pun akan mengecek harga cabai yang disebut mulai menurun di pasaran.

Editor: Kiki Kurnia


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x