Ogah Lakukan Operasi Pasar, Ini yang Akan Dilakukan Kemendag untuk Stabilkan Bahan Pokok Jelang Ramadhan

- 31 Maret 2021, 16:01 WIB
Ilustrasi Daging Sapi di Pasar/
Ilustrasi Daging Sapi di Pasar/ /Pixabay

GALAMEDIA - Jelang puasa Ramadhan Kementerian Perdagangan berupaya menstabilkan harga bahan pokok dengan cara menjaga ketersediaan pasokan bahan pokok ketimbang operasi pasar.

“Tidak perlu operasi pasar, yang penting adalah pasokannya kita jaga,” kata Direktur Jenderal Perdagangan Dalam Negeri Kementerian Perdagangan Syailendra yang dikutip dari Antara, Rabu 31 Maret 2021.

Ia memaparkan, untuk bahan pokok daging segar, Kemendag telah memetakan daerah-daerah yang potensial dimobilisasi untuk memenuhi kebutuhan daging sapi segar secara nasional pada umumnya dan khususnya di Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi (Jabodetabek), serta Bandung Raya.

“Saya sudah keliling Jawa Tengah dan Jawa Timur bersama Kementerian Pertanian untuk memastikan pasokan cadangan yang nantinya akan memenuhi kebutuhan daging segar di Jabodetabek dan Bandung. Jadi, kalau di Jakarta kurang, sudah stand by di sekitar Jakarta puluhan ribu ekor dari lokal tapi yang jenis seperti sapi limosin,” ujarnya.

Baca Juga: KLB Partai Demokrat Ditolak, Marzuki Alie Justru Bersyukur, 'Pemerintah Sudah Mengambil Keputusan Tepat'

Kemudian ia menambahkan, jika tercium gelagat harga daging akan naik, maka Kemendag siap menyalurkannya sebagai upaya menstabilkan harga.

Sementara itu, daging beku juga sudah mulai masuk baik dari penugasan melalui BUMN pangan maupun dari pihak swasta yang secara rutin telah dilakukan menjelang Ramadhan.

“Jadi tidak perlu takut, sapi banyak,” tukasnya.

Kemudian, untuk harga gula, Syailendra memaparkan bahwa memang masih terdapat harga gula Rp13.000 per kilogram, lebih mahal dari Harga Eceran Tertinggi sebesar Rp12.500.

Halaman:

Editor: Kiki Kurnia


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x