Tak Perlu Khawatir! Harga Bahan Pokok Dipastikan Terkendali Menjelang Ramadan dan Lebaran

- 16 Maret 2021, 17:55 WIB
Menteri Perdagangan Muhammad Lutfi.
Menteri Perdagangan Muhammad Lutfi. /Biro Humas Kemendag/


GALAMEDIA - Bulan Ramadan tinggal menghitung hari. Sudah menjadi hal lumrah saat menjelang Ramadan dan Lebaran hampir semua bahan pokok mengalami kenaikan harga.

Namun, pemerintah akan menjamin bahan kebutuhan pokok tersedia dan mencukupi dengan harga terjangkau untuk Ramadan dan Lebaran di tahun 2021 ini.

Melalui Kemnterian Perdagangan (Kemendag) akan menghitung, menganalisis, mengendalikan serta mengeksekusi rencana agar memastikan suplai cukup sehingga harga bisa diprediksi akan tetap stabil.

Baca Juga: Gunung Agung di Bali Meletus Cukup Dashyat, Tewaskan 1.148 Orang dan Lukai Ratusan Warga pada 16 Maret 1963

"Dari hasil pantauan kami secara nasional, menjelang Ramadan dan Lebaran tahun ini, ketersediaan serta harga bapok terpantau aman dan stabil,

"Kementerian Perdagangan telah melakukan koordinasi secara intensif dengan asosiasi produksi, penjual, distribusi, dan seluruh pemangku kepentingan terkait lainnya guna memastikan ketersediaan bapok nasional," ujar Menteri Perdagangan Muhammad Lutfi sebagaimana dikutip Galamedia melalu laman Kemendag, 16 Maret 2021.

Dalam keterangan persnya, saat ini yang menjadi perhatian pemerintah untuk diantisipasi stabilitas harga dan kecukupan pasokannya yaitu beras dan gula.

Baca Juga: Susi Pudjiastuti Memohon Presiden Jokowi, Dukung Dirut Perum Bulog Budi Waseso

"Menjelang Ramadan dan Lebaran, dapat dipastikan harga komoditas tersebut akan stabil. Hal itu disebabkan, pada bulan Maret ini kita akan memasuki masa panen beras," kata dia.

"Sedangkan untuk gula, proses impor raw sugar akan masuk dan menambah stok dan gula yang telah digiling akan masuk ke pasar. Dengan begitu, harga gula akan kembali stabil menjadi Rp 12.500 per kilogram sesuai harga eceran tertinggi (HET)," tambahnya.

Halaman:

Editor: Lucky M. Lukman


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x