Gimmick Jokowi, Refly Harun: Bisa Memberantas Korupsi, Namun Tidak Ada Keinginan!

- 20 April 2021, 10:18 WIB
Presiden Joko Widodo.  Gimmick Jokowi, Refly Harun: Bisa Memberantas Korupsi, Namun Tidak Ada Keinginan!
Presiden Joko Widodo. Gimmick Jokowi, Refly Harun: Bisa Memberantas Korupsi, Namun Tidak Ada Keinginan! /Tangkapan layar Youtube/Sekretariat Presiden

GALAMEDIA – Peneliti dari Indonesia Corruption Watch (ICW), Wana Alamsyah menilai permintaan Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk miskinkan koruptor hanya gimmick (trik menarik pertahian) semata.

Menurut dia, di lapangan ternyata hanya sedikit kasus yang ditangani. Hal ini tentu berbanding terbalik dengan permintaan Jokowi.

Menanggapi hal ini pengamat hukum tata negara Refly Harun menyampaikan pandangannya melalui YouTube Refly Harun berjudul "MISKINKAN KORUPTOR!! CUMA GIMMICK?!".

Baca Juga: Gempa Bumi Bermagnitudo 6,1 di Barat Daya Nias Sempat Timbulkan Kepanikan Warga di Gunungsitoli

Bicara mengenai korupsi di Indonesia, Refly memberikan dua kata yakni, enggan dan tidak bisa.

"Bicara soal korupsi, saya mau memulainya dengan dua kata, satu unwilling (enggan) dan unable (tidak bisa)," ujar Refly membuka video.

Refly pun turut menjelaskan tingkat korupsi di Indonesia semakin tinggi setiap tahunnya.

"Ini mengindikasikan bahwa pemberantasan tindak korupsi dalam era pemerintahan Jokowi tidak bisa dibilang berhasil," ucap Refly.

Refly mengatakan bahwa masih ada waktu sekitar tiga setengah tahun untuk pemerintah membuktikkan diri untuk memberantas atau mengurangi korupsi.

Halaman:

Editor: Lucky M. Lukman


Tags

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X