Volume Sampah di Kota Cimahi pada Hari H Lebaran Diprediksi Naik

- 5 Mei 2021, 18:01 WIB
Plt. Wali Kota Cimahi menyerahkan paket sembako kepada seorang petugas kebersihan yang berlangsung di Aula gedung A Pemkot Cimahi Jalan Rd. Demang Hardjakusumah, Rabu, 5 Mei 2021./Laksmi Sri Sundari/Galamedia
Plt. Wali Kota Cimahi menyerahkan paket sembako kepada seorang petugas kebersihan yang berlangsung di Aula gedung A Pemkot Cimahi Jalan Rd. Demang Hardjakusumah, Rabu, 5 Mei 2021./Laksmi Sri Sundari/Galamedia /

GALAMEDIA - Volume sampah di Kota Cimahi diprediksi akan meningkat dari biasanya saat Hari Raya Idulfitri 1442 Hijriyah/2021. Meski begitu kenaikannya tidak terlalu besar, sebab masih dalam masa pandemi Covid-19.

Hal itu dikatakan Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Cimahi, Lilik Setyaningsih usai acara penyerahan hadiah Lomba Pemilahan Sampah dalam rangka peringatan Hari Peringatan Sampah Nasional (HPSN).

Acara diisi pembagian paket sembako kepada anggota tenaga harian lepas (THL) DLH Kota Cimahi di Aula gedung A Pemkot Cimahi Jalan Rd. Demang Hardjakusumah, Rabu 5 Mei 2021.

Kegiatan tersebut dihadiri Pelaksana Tugas (Plt) Wali Kota Cimahi, Ngatiyana.

Baca Juga: THR Tak Sesuai dengan Harapan, Mendagri Sentil ASN: Syukurilah Apa yang Ada

"Masih pandemi Covid-19, jadi ngga terlalu banyak, karena di masjid dibatasi, dan di lapangan juga tidak akan terlalu banyak yang salat idulfitri. Biasanya kan sampah bekas alas sajadah, seperti koran," sebutnya.

Meski begitu, kata Lilik, pihaknya akan menyiapkan petugas kebersihan untuk antisipasi agar tidak terjadi penumpukan sampah di Hari Raya Idulfitri.

"Setiap lebaran kita stand by, baik sebelum dan setelah lebaran. Ada jam-jam tertentu untuk pengambilan sampah, dan ada penambahan jam. Biasanya sudah terjadwal, karena digunakan salat Idulfitri, biasanya sampah akan berserakan. Dan kita sudah siapkan petugas untuk membersihkannya," ujar Lilik.

Terkait adanya longsor yang menerjang akses menuju Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Sarimukti, Desa Sarimukti, Kecamatan Cipatat, Kabupaten Bandung Barat, Lilik mengakui jika peristiwa tersebut menghambat pengangkutan sampah di masyarakat. Sehingga terjadi penumpukan sampah di beberpa titik.

Baca Juga: Pemda Provinsi Jabar Antisipasi Penyalahgunaan Momen Lebaran untuk Terima Gratifikasi

Halaman:

Editor: Lucky M. Lukman


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x