Bulan Ramadhan, Volume Sampah di Garut Meningkat

- 25 April 2021, 20:40 WIB
Kepala Dinas Lingkungan Hidup, Kebersihan dan Pertamanan (DLHK) Kabupaten Garut, Uu Saepudin, menunjukan sanitary landfill di TPA Pasirbajing, Kecamatan Banyuresmi, Kabupaten Garut.
Kepala Dinas Lingkungan Hidup, Kebersihan dan Pertamanan (DLHK) Kabupaten Garut, Uu Saepudin, menunjukan sanitary landfill di TPA Pasirbajing, Kecamatan Banyuresmi, Kabupaten Garut. /Agus Somantri/Galamedia/


GALAMEDIA- Volume sampah di Garut mengalami peningkatan di bulan Ramadan 1442 Hijriah ini.

Peningkatan volume sampah ini dipicu oleh tingkat konsumtif warga yang tinggi dan juga meningkatnya aktivitas belanja masyarakat, sehingga sampah yang dihasilkan pun kian banyak.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup, Kebersihan dan Pertamanan (DLHKP) Kabupaten Garut, Uu Saepudin, mengatakan volume sampah pada bulan Ramadan 1442 Hijriah rata-rata meningkat sebesar 20 persen dibandingkan hari biasa.

"Selama bulan Ramadhan, dapat dipastikan akan terjadi peningkatan volume sampah meskipun tak terlalu signifikan. Peningkatan rata-rata 10 ton per hari atau 20 persen dibandingkan hari biasa," ujarnya, Ahad 25 April 2921.

Baca Juga: Sedang Berlangsung! Link Live Streaming Final Piala Menpora 2021: Persib Bandung vs Persija Jakarta

Menurut Uu, peningkatan volume sampah diprediksi akan lebih besar lagi menjelang dan pascalebaran (Idul Fitri).

Untuk mengantisipasi agar tak terjadi penumpukan di tempat pembuangan sementara (TPS), pihaknya pun melakukan berbagai upaya agar sampah bisa terangkut dan tak menimbulkan gangguan kenyamanan bagi masyarakat.

Uu menyebutkan, langkah pertama yang dilakukan adalah dengan menambah ritasi pengangkutan sampah dari empat rit menjadi enam rit per hari.

Para petugas pengangkut sampah yang jumlahnya mencapai 400 orang itu akan diminta untuk lebih mengepektifkan waktu pengangkutan agar bisa dilakukan lebih banyak lagi.

"Cara ini cukup epektif guna mencegah terjadinya penumpukan sampah akibat terjadinya peningkatan volume sampah.

Halaman:

Editor: Dicky Aditya


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x