Menag Bingung Soal WNI Dilarang Masuk Arab Saudi, Rizal Ramli: Dana Haji Itu Udah Ditilep

- 2 Juni 2021, 16:42 WIB
Umat muslim saat menjalankan ibadah haji tahun 2020.
Umat muslim saat menjalankan ibadah haji tahun 2020. /

GALAMEDIA – Rizal Ramli turut memperhatikan dan memberikan tanggapan terhadap kebingungan Menteri Agama (Menag) terkait alasan dilarangnya WNI masuk ke Arab Saudi.

Tanggapan tersebut disampaikan Rizal dalam sebuah video berdurasi 1 menit 32 detik. Tidak hanya sendiri, Rizal uga ditemani oleh pelawak senior, Dedi Gumelar alias Miing Bagito.

Di dalam video tersebut, Miing mengaku heran dengan adanya larangan WNI masuk ke Arab Saudi.

Pasalnya, Indonesia merupakan negara dengan jumlah penduduk muslim terbesar di dunia. Menurut Miing, hal tersebut dapat dibuktikan dengan besarnya jumlah jemaah haji asal Indonesia dari tahun ke tahun.

Baca Juga: Intip Potret dan Perjalanan Karir Hito Caesar Pemain Badai Pasti Berlalu, Pesonanya Bikin Kamu 'Meleleh'

"Negara lain boleh masuk ke Arab Saudi untuk haji. Kebayang gak dalam sejarah peradaban Indonesia? Negara yang mayoritas Islam terbanyak di dunia, tapi tidak bisa melakukan ibadah haji," ucap Miing dalam video yang diunggah akun Twitter @tijabar, Rabu, 2 Juni 2021.

"Ketidakhadiran jemaah haji asal Indonesia itu bukan masalah kecil untuk Arab Saudi," sambungnya.

Menanggapi hal itu, Rizal menyebut jika larangan WNI masuk ke Arab Saudi tidak hanya disebabkan masalah Covid-19 semata, melainkan terdapat beberapa tagihan yang belum dibayar pemerintah.

"Kita dilarang ke Arab Saudi itu bukan karena Covid-19, tapi ada tagihan-tagihan yang harus dibayar. Pemerintah Indonesia belum bayar," ucap ekonom senior ini dalam video yang sudah ditonton sebanyak hampir 44 ribu kali hingga 2 Juni 2021 pukul 15.41 WIB.

Halaman:

Editor: Lucky M. Lukman


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x