Siap-siap! Kemnaker Bakal Buka Pelatihan Spa Therapist hingga YouTuber melalui BLK Komunitas

- 11 Juni 2021, 17:07 WIB
Ilustrasi Pelatihan.
Ilustrasi Pelatihan. /Pixabay.com/Free-Photos

GALAMEDIA - Berbagai upaya terus dilakukan pemerintah guna pengembangan sumber daya manusia (SDM) khususnya angkatan kerja.

Sebelumnya, program Kartu Prakerja yang dicanangkan oleh pemerintah melalui Kementerian Ketenagakerjaan (Kemenaker) diklaim sukses meningkatkan keterampilan para pesertanya sehingga mampu bersaing di dunia kerja.

Kini, program serupa kembali digalakkan oleh Kemenaker dengan membentuk Balai Latihan Kerja (BLK) Komunitas untuk peningkatan skill atau kemampuan masyarakat.

Berbagai jenis kejuruan akan terus dikembangkan sesuai kebutuhan dan potensi daerah masing-masing, di antaranya adalah spa therapist, kuliner, pembuatan konten film dan youtuber, barista, animasi dan lain sebagainya.

Baca Juga: Gembar-gembor PPN Sembako Naik Jadi 12 Persen, Politisi: Jangan Demi Beton, Periuk Rakyat Dipajaki

Salah satu jenis kejuruan baru dan akan menjadi andalan Kemnaker dalam mendukung sektor pariwisata adalah kejuruan spa therapist.

Kejuruan spa alias traditional healing ini akan dapat melayani pasar tenaga kerja dalam negeri, luar negeri, maupun wirausaha. Sehingga peluang bagi lulusannya untuk bekerja menjadi lebih besar

“Sejumlah BLK Komunitas di kawasan Danau Toba, Borobudur, Mandalika, dan Labuan Bajo akan dibangun khusus untuk kejuruan spa. Untuk mempersiapkan jurusan baru itu, Kemnaker telah bekerja sama dengan Martha Tilaar, Mustika Ratu, Wardah dan lain-lain," Kata Menteri Ketenagakerjaan, Ida Fauziyah, dalam keterangannya di Jakarta, Kamis, 10 Juni 2021 kemarin dikutip dari PMJ News.

Menaker Ida mengatakan, dalam pelatihan Spa di BLK Komunitas ini, para siswa akan diajarkan bagaimana meramu bahan-bahan ramuan tradisional, memijat, totok wajah, refleksi, lulur, creambath, hingga menyambut tamu, menjaga kebersihan dan kenyamanan ruangan spa.

Halaman:

Editor: Dicky Aditya


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x