Biasakan mengucah di Dua Sisi Mulut, Ini Alasannya kata Dokter Rosdiana

- 13 Juni 2021, 14:36 WIB
Ilustrasi makan diusahakan dengan mengunyak di dua sisi mulut.
Ilustrasi makan diusahakan dengan mengunyak di dua sisi mulut. /Ryan McGuire/PIXABAY/RyanMcGuire

GALAMEDIA - Saat mengunyah makanan, sebaiknya kita melakukannya di dua sisi mulut. Alasannya, jika kita hanya mengunyah di salah satu sisi berdampak pada kebersihan mulut.

Hal ini dikatakan dokter spesialis konservasi gigi dari Rumah Sakit Pelni Jakarta dr. Rosdiana Nurul Annisa, Sp.KG. Dituturkannya, air liur akan diproduksi ketika seseorang mengunyah.

"Salah satu fungsi dari saliva atau air liur itu self-cleansing untuk membersihkan mulut, jadi biasanya sisi yang tidak pernah dipakai mengunyah, justru lebih banyak karang giginya," kata Rosdiana kepada ANTARA.

Baca Juga: Blak-blakan ke Deddy Corbuzier, Prabowo Subianto Masih Ngebet Maju di Pilpres 2024

Dijelaskannya, air liur atau ludah membuat mulut tidak kering dan nyaman, membantu mengunyah, merasakan makanan dan menelan, serta mengandung protein dan mineral yang melindungi lapisan terluar gigi dan mencegah kerusakan gigi serta penyakit gusi.

Air liur ini membantu membersihkan partikel-partikel makanan dari gigi, sehingga mengurangi risiko gigi berlubang.

Menurutnya, sendi di sisi mulut yang tidak dipakai mengunyah akan melemah karena tidak bekerja. Gigi pada sisi yang dipakai untuk mengunyah mendapat beban yang lebih berat karena semua dipusatkan di situ.

Baca Juga: Rizky Billar dan Lesti Dapat Kejutan Mobil Mewah Sebelum Lamaran, Plat Nomornya Bikin Gagal Fokus

"Jika Anda menyadari kebiasaan tersebut, carilah penyebab mengapa hanya satu sisi yang dipakai untuk mengunyah," katanya.

Dijelaskan Rosdiana, ada kemungkinan mengunyah hanya di satu sisi disebabkan rasa tidak nyaman pada rongga sebelah. Sumbernya bervariasi, mungkin ada gigi yang berlubang yang membuat sisa makanan tersangkut ke dalamnya.

"Pokoknya sesuatu yang bikin dia tidak bisa mengunyah di sisi lain," ujarnya.***

Editor: Dadang Setiawan

Sumber: ANTARA


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x