Bertahan di Tengah Pandemi, Pelaku UMKM di Cimahi Manfaatkan Pemasaran Lewat Media Sosial

- 28 Juni 2021, 17:40 WIB
Sejumlah pengunjung sedang membeli makanan yang dijual pelaku usaha dalam kegiatan Penyediaan Ruang Usaha bagi pelaku UMKM di Cimahi Mall Jalan Gandawijaya, Senin, 28 Juni 2021./Laksmi Sri Sundari/Galamedia
Sejumlah pengunjung sedang membeli makanan yang dijual pelaku usaha dalam kegiatan Penyediaan Ruang Usaha bagi pelaku UMKM di Cimahi Mall Jalan Gandawijaya, Senin, 28 Juni 2021./Laksmi Sri Sundari/Galamedia /

GALAMEDIA - Sejumlah pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) di Kota Cimahi mulai menyesuaikan diri dengan kebiasaan-kebiasaan baru di masa pandemi Covid-19, agar usaha mereka tetap bisa berlangsung.

Salah satunya dengan melakukan digitalisasi atau memanfaatkan digital. Sehingga konsumen dapat membeli secara online.

Seperti yang diungkapkan, seorang pelaku usaha, Mulyani (19) ketika ditemui di sela kegiatan Penyediaan Ruang Usaha bagi pelaku UMKM di Cimahi Mall Jalan Gandawijaya, Senin, 28 Juni 2021.

"Saya biasa jualan online, melalui media sosial, menyesuaikan juga dengan masa pandemi Covid seperti sekarang ini. Untuk menghindari kontak langsung," kata Mulyani yang menjual produk nasi instan.

Baca Juga: Innalillahi, Semoga Diterima di Sisi Allah SWT, Wali Kota Bandung Oded M Danial Berduka

Diakuinya penjualan secara online melalui medsos cukup menjanjikan. Banyak konsumen yang akhirnya menjadi pelanggannya, sehingga ia bisa meraup omset yang lumayan banyak.

"Iya banyak yang pesan, hingga jadi pelanggan tetap. Kami produksi sendiri nasi instannya," ujar Mulyani.

Ia bersama rekan bisnisnya mencoba berjualan secara langsung dengan mengikuti kegiatan Penyediaaan Ruang Usaha yang diinisiasi Dinas Perdagangan UMKM Koperasi dan Perindustrian (Disdagkoperin) Kota Cimahi ini.

"Alhamdulillah dikasih tempat promosi jualan. Omset lumayan," ucapnya.

Hal senada diutarakan Endang Lestari (40), pelaku usaha lainnya yang juga ikut kegiatan Penyediaan Ruang Usaha.

Halaman:

Editor: Lucky M. Lukman


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x