Hari Keluarga Nasional, Oded-Siti Raih Penghargaan Manggala Karya Kencana

- 29 Juni 2021, 10:19 WIB
WALI Kota Bandung Oded M. Danial didampingin Ketua TP-PKK Kota Bandung, Siti Muntamah.
WALI Kota Bandung Oded M. Danial didampingin Ketua TP-PKK Kota Bandung, Siti Muntamah. /dok. Humas Bandung/

GALAMEDIA - Kota Bandung meraih sejumlah penghargaan dari Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN), Senin 28 Juni 2021.

Salah satu yang paling bergensi yaitu memperoleh penghargaan Manggala Karya Kencana.

Penghargaan Manggala Karya Kencana diberikan kepada Oded M. Danial dan Siti Muntamah Oded.

Penghargaan itu diberikan kepada kepala daerah dan Ketua TP-PKK atas prestasi, dedikasi, dukungan, dan komitmennya terkait program-program Pengembangan Keluarga Berencana (Bangga Kencana) di wilayahnya.

Baca Juga: 5 Negara Ini Sudah Bebas Masker, Nomor 3 Tak Disangka, Indonesia Kapan?

Tak hanya itu, Wakil Wali Kota Bandung, Yana Mulyana menerima penghargaan Dharma Karya Kencana.

Penghargaan ini diberikan atas kepedulian dan dukungannya terhadap program pembangunan, kependudukan, dan keluarga berencana.

Penghargaan lainnya yaitu diraih oleh Posyandu Merpati 03 Husein Sastranegara, Kecamatan Cicendo sebagai pelaksana terbaik Posyandu tingkat Kota dan Kelurahan Husein Kecamatan Cicendo sebagai pelaksana Rumah Tangga ber-PHBS tingkat kota.

Atas raihan itu, Ketua TP-PKK Kota Bandung, Siti Muntamah mengaku bangga karena hasil kerja keras TP-PKK selama ini dalam upaya menyejahterakan keluarga mendapat apresiasi di tingkat pusat.

Baca Juga: Innalillahi, Anggota DPRD Kabupaten Garut, Mas Yayu Siti Sapuro Meninggal Dunia Terpapar Covid-19

"Hari ini menjadi hari istimewa dengan mendapat penghargaan tertinggi. TP-PKK menjadi penyelenggara terbaik PHBS dan Posyandu terbaik di tingkat kota, prestasi ini menjadi istimewa bagi Kota Bandung," kata Umi Oded sapaan akrab Siti Muntamah Oded.

"Tentu saja ini bukan hasil kerja saya sendiri. Karena saya tidak bisa bekerja sendiri. Tapi tentu saja ini atas kerja sama tim," imbuhnya.

Umi mengungkapkan, TP-PKK Kota Bandung selama ini selalu berupaya mewujudkan kesejahteraan keluarga melalui berbagai program, inovasi dan berkolaborasi bersama SKPD maupun OPD terkait.

"TP-PKK sangat konsen dan berkomitmen mewujudkan program Bangga Kencana. Inovasi seperti Bandung Tanginas di kampung-kampung KB berkualitas, di dalamnya ada PKK yang membantu," ujar Umi.

Baca Juga: Jadwal Pertandingan Babak 8 Besar Copa America 2021: Brazil vs Chile, Argentina vs Ekuador

Melalui TP-PKK, terang Umi, Kota Bandung mampu menghasilkan banyak Dasawisma sebagai tempat pembinaan bagi keluarga, seperti Bina Keluarga Balita, dan Lansia.

"Kemudian keterkaitan pendidikan, gotong royong, koperasi, pojok baca, literasi, Pokja PAUD, keluarga yang melakukan Kang Pisman, mendirikan rumah sehat, dan semua yang berdimensi untuk hadirnya keluarga yang sejahtera dan bahagia," bebernya.

Berbagai program tersebut dilakukan karena TP-PKK merupakan pendukung pondasi utama hadirnya Bangga Kencana di Kota Bandung. Sebab Umi menilai, tujuan pembangunan adalah untuk mensejahterakan keluarga.

Baca Juga: Jabat Rektor dan Komisaris Bank Pemerintah, Ari Kuncoro Diduga Langgar Statuta Universitas Indonesia

"Kota Bandung terus berkomitmen melakukan kegiatan-kegiatan berbasis kesejahteraan keluarga. Dalam rangka mewujudkan Bandung yang Sejahtera, Unggul, dan Agamis itu diawali dari keluarga," tutur Umi.***

Editor: Brilliant Awal


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x