Jangan Khawatir! Pasien Isoman Covid-19 Bisa Dapat Obat Gratis Lewat 11 Platform Telemedicine

- 6 Juli 2021, 08:39 WIB
Ilustrasi obat Covid-19 untuk isoman.
Ilustrasi obat Covid-19 untuk isoman. /Pixabay/Stevepb

GALAMEDIA - Kementerian Kesehatan (Kemenkes) meluncurkan cara terbaru konsultasi virtual bagi pasien penderita Covid-19 yang isolasi mandiri di rumah.

Kali ini pasien isoman tak perlu khawatir karena Kemenkes telah menggandeng 11 platform telemedicine atau konsultasi kesehatan virtual.

Beberapa platform tersebut yang bekerjasama dengan Kemenkes yaitu Get Well, Good Doctor, Halodoc, Klik Dokter, Klik Go, Link Sehat, Pro Sehat, dan Yesdok.

Melalui platform tersebut pasien bisa berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter sehingga bisa diresepkan obat sesuai dengan gejala yang diderita.

Baca Juga: Utang Indonesia Makin Parah Hingga Jadi Trending Topic: Sudah Mendarah Daging, Hentikan Gaji Presiden

Menteri Kesehatan, Budi Gunaidi Sadikin mengatakan obat tersebut akan diberikan secara gratis bagi pasien Covid-19 yang tanpa gejala atau memiliki gejala ringan.

Selain itu, Budi mengatakan telemedicine sudah terintegrasi dengan laboraturium PCR di seluruh Indonesia.

"Dengan layanan telemedicine ini semua pasien Covid-19 yang terkonfirmasi positif bisa mendapatkan akses dan layanan medis tepat waktu tanpa perlu mengantre di RS," ujar Budi dalam konferensi persnya dikutip Galamedia, Selasa, 6 Juli 2021.

Budi juga menjelaskan kriteria pasien Covid-19 yang harus dibawa ke rumah sakit dan yang lebih baik diam di rumah.

Baca Juga: Copa America 2021: Brazil ke Final Usai Kalahkan Peru

"Ada teman kita yang positif kita lihat saturasinya masih 95 persen ke atas, tidak sesak dan tidak komorbid, lebih baik isolasi mandiri agar terhindar dari viral load yang tinggi di rumah sakit," tandasnya.

Sementara untuk saturasi kurang dari 95 persen dan merasakan sesak nafas serta mempunyai komorbid pasien harus masuk rumah sakit.***

Editor: Brilliant Awal


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x