Ratusan Siswa SD dan SMP Tak Naik Kelas, Kadisdik Kota Cimahi: Banyak Faktor Penyebabnya

- 11 Juli 2021, 18:30 WIB
Kepala Disdik Kota Cimahi Harjono
Kepala Disdik Kota Cimahi Harjono /Laksmi Sri Sundari/Galajabar/

GALAMEDIA - Ratusan siswa SD dan SMP di Kota Cimahi tidak naik kelas tahun ajaran 2020/2021. Selain itu ada juga 2 siswa SMP yang tercatat tidak lulus sekolah.

Berdasarkan data Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Cimahi, total ada 164 orang siswa SD dan SMP yang tidak naik kelas. Untuk tingkat SD kelas 1-5 ada sebanyak 149 siswa yang tidak naik kelas, sementara untuk tingkat SMP ada 15 orang siswa.

"Siswa yang tidak naik kelas dari kelas 1 sampai kelas 5 jumlahnya 149 orang. Kelulusan 100 persen. Yang SMP ngga naik kelas 15 orang, nggak lulus 2 orang," ungkap Kepala Disdik Kota Cimahi, Harjono, Ahad, 11 Juli 2021.

Menurut, ada sejumlah faktor penyebab yang membuat ratusan siswa SD dan SMP itu tidak naik kelas. Dari mulai tidak melaksanakan pembelajaran daring dan luring.

Baca Juga: Viral TPU Cikadut Tarik Pungli ke Keluarga Korban Covid-19, Anggota DPRD Kota Bandung: Harus Tindak Tegas

Seperti diketahui, sejak mewabahnya pandemi Covid-19, Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) di sekolah dialihkan secara daring atau online. Ada juga yang dilakukan secara luring.

"Kemudian ada juga yang pindah rumah kontrakan, ketika dihubungi tidak aktif. Yang tidak memiliki HP dilaksanakan home visit, tetap saja tidak dilaksanakan tugas-tugasnya," ungkap Harjono.

Kemudian yang paling krusial adalah, para siswa tersebut tidak mengikuti ulangan kenaikan kelas. Padahal, kata Harjono, guru sudah mendatangi ke rumah, tetapi tetap tidak mengumpulkan tugas ulangan kenaikan kelas.

"Jadi otomatis tidak mendapat nilai, dan tidak naik kelas. Jadi rata-rata siswa yang tidak naik kelas itu, karena tidak mengumpulkan tugas ulangan. Padahal semua usaha sudah dilakukan seperti mendekati orang tua, membujuk anaknya, bahkan mendatangi ke rumah," beber Harjono.

Halaman:

Editor: Dicky Aditya


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x