Kasus Covid-19 Terjadi Lonjakan Signifikan, Kementerian Kesehatan Langsung Berikan Penjelasan

- 14 Juli 2021, 21:32 WIB
Rekor baru penambahan kasus Covid-19 mencapai 54.517 orang pada Rabu, 14 Juli 2021.
Rekor baru penambahan kasus Covid-19 mencapai 54.517 orang pada Rabu, 14 Juli 2021. /Unsplash/Mufid Majnun/

 

GALAMEDIA - Beberapa hari terakhir ini kasus virus corona (Covid-19) mengalami lonjakan signifikan. Hari ini, Rabu, 14 Juli 2021, tercatat ada 54 ribu lebih kasus baru.

Kementerian Kesehatan menyatakan kondisi tersebut terjadi akibat terdapat sistem baru yang mempercepat pelaporan kasus sehingga jumlah pertambahan kasus dan kematian bertambah dengan cepat.

"Kalau melihat kenaikan konfirmasi positif akhir-akhir ini, seiring dengan kenaikan jumlah testing dan perbaikan sistem pencatatan dan pelaporan," kata Juru Bicara Vaksinasi Covid-19 Kementerian Kesehatan Siti Nadia Tarmizi dalam jumpa pers pada kanal Youtube Sekretariat Presiden, Rabu, 15 Juli 2021.

Ia pun menjelaskan, saat ini pemerintah menggunakan sistem verifikasi secara otomatis pada laboratorium pemeriksa sehingga menghapus verifikasi berjenjang.

Baca Juga: Ibas Berkicau Lagi Tanggapi Tukang Kopi Memilih Dipenjara Sebab Tak Tak Mampu Bayar Denda Pelanggaran PPKM

Dengan demikian, lanjut dia, data Covid-19 yang terproses lebih transparan dan tepat waktu sehingga jumlah kasus yang dilaporkan pun menjadi lebih tinggi.

Ia pun berdalih lonjakan kasus harian tersebut tidak disertai peningkatan positivity rate karena cenderung stabil dalam beberapa waktu terakhir.

"Ini juga sejalan dengan upaya peningkatan testing, di mana target yang harus kita capai ada 324.000 orang yang dites setiap hari," ujarnya.

Baca Juga: Kondisi Semakin Parah, Ruhut Sitompul Minta Seluruh Pihak Berhenti Nyinyir dan Sukseskan PPKM  

Halaman:

Editor: Dicky Aditya


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x