Selamatkan Satwa di Kebun Binatang, Bazoga Akan Korbankan Unggas untuk Pakan Satwa Carnivora

- 29 Juli 2021, 11:09 WIB
Relawan Rumah Zakat memberikan pakan hewan dikandang jerapah di Kebun Binatang Bandung, Jln. Tamansari, Kota Bandung, Selasa 10 November 2020 lalu./Darma Legi/Galamedia
Relawan Rumah Zakat memberikan pakan hewan dikandang jerapah di Kebun Binatang Bandung, Jln. Tamansari, Kota Bandung, Selasa 10 November 2020 lalu./Darma Legi/Galamedia /Darma Legi/

GALAMEDIA - Manajemen Bandung Zoological Garden atau Kebun Binatang Bandung berencana akan mengorbankan satwa unggas untuk pakan Carnivor.

Rencana ini merupakan skenario terakhir apabilan Pemberlakukan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) level 4 diperpanjang hingga bulan September 2021.

"Sebenarnya ada beberapa skenario untuk menyelamatkan satwa terutama satwa andemik Indonesia yang ada di Kebun Binatang Bandung. Salah satunya adalah mengorbankan satwa unggas yang menjadi skenario terakhir apabila PPKM diperpanjang," ungkal Markom Kebun Binatang Bandung, Sulhan Syafii yang dihubungi pada Kamis, 29 Juli 2021.

Baca Juga: Satpol PP Ciamis Bagikan Sembako ke Pedagang dan Pasien Isoman dalam Operasi Simpatik dan Sosialisasi Prokes

Menurut Sulhan, pihaknya sudah melakukan berbagai upaya untuk menyalamatkan satwa yang ada di Kebun Binatang Bandung selama penerapan PPKM darurat hingga level 4. Bahkan pihaknya pun sudah melakukan pengurangan karyawan melalui WFH dan pemotongan gaji.

"Namun upaya tersebut belum bisa memenuhi kebutuhan pakan satwa, di mana setiap minggunya dibutuhkan sekitar Rp 70 juta atau sekitar Rp 10 juta per hari," ujarnya.

Bahkan pihaknya pun lanjut Sulhan sudah membuka donasi bagi siapapun yang ingin mendonasikan dana maupun makanan untuk pakan satwa.

Baca Juga: Juru Bicara Beri Penjelasan Soal Omongan Luhut Minta SBY Tiru BJ Habibie

"Beberapa hari lalu kami menerima donasi komunitas carnivor Bandung berupa anak rusa tutul maupun hewan marmut, namun hanya untuk beberapa hari saja," katanya.

Sulhan pun mengatakan selama ini pihaknya mendapat sumbangan sayuran dan buah-buahan dari Supermarket Yogya Grup, Lazis Darrulhikam dan Inspira TV yang datang setiap dua hari sekali untuk pakan di luar carnivora.

Halaman:

Editor: Hj. Eli Siti Wasilah


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x