Unpas Gelar Pekan Vaksinasi Covid-19 Bantu Pencapaian Herd Immunity di Jabar

- 5 Agustus 2021, 17:24 WIB
Pekan Vaksinasi Covid-19, yang diselenggarakan oleh Universitas Pasundan (Unpas) bersama dengan FK Unpas, Kamis, 5 Agustus 2021 di Kampus V Unpas, Jalan Sumatra No 41 Kota Bandung./Darma Legi/Galamedia
Pekan Vaksinasi Covid-19, yang diselenggarakan oleh Universitas Pasundan (Unpas) bersama dengan FK Unpas, Kamis, 5 Agustus 2021 di Kampus V Unpas, Jalan Sumatra No 41 Kota Bandung./Darma Legi/Galamedia /

GALAMEDIA – Sebagai provinsi dengan jumlah penduduk terbanyak di Indonesia, Jawa Barat memiliki tugas terberat dalam mencapai target herd immunity untuk warganya, terutama di lingkungan pendidikan dan siswa sekolah.

Hal tersebut diungkapkan Perwakilan UNICEF Indonesia yang juga merupakan staf Fakultas Kedokteran Universitas Pasundan (FK Unpas), dr. Sidik Utoro M.PH.

Ia menyampaikannya di sela pemantauan pelaksanaan Pekan Vaksinasi Covid-19, yang diselenggarakan oleh Universitas Pasundan (Unpas) bersama dengan FK Unpas, Kamis, 5 Agustus 2021 di Kampus V Unpas, Jalan Sumatra No 41 Kota Bandung.

"Herd Imunnity itu adalah suatu kekebelan yang didapatkan setelah sebagain besar penduduk itu mendapatkan vaksinasi dan itu harus didapatkan setelah 70 persen warga mendapatkan vaksin dan ini sistemnya harus menyebar dan tidak bisa hanya dilksanakan cukup dilingkungan kampus saja," terang Sidik.

Baca Juga: Jokpro Yakin Presiden 3 Periode Terjadi, Demokrat: Memperpanjang Kekuasaan Lebih Menarik Dari Pada Pandemi

Dikatakannya, jika masyarakat kampus sudah melaksanakan vaksin 80 persen bukan menjamin mereka sudah aman dari Covid-19.

"Apalagi jika mereka masih suka berkumpul dengan orang-orang yang belum di vaksin mereka masih bisa terkena. Jadi syaratnya harus tersebar di masyarakat jadi memang tugasnya masih panjang," paparnya.

Sidik mengungkapkan jika Jawa Barat merupakan provinsi yang memiliki tugas paling berat dalam mencapai herd immunity itu, karena Jabar merupakan provinsi yang penduduknya paling besar.

"Patokannya jika Jawa Barat sudah berhasil artinya Indonesia 20 persen sudah berhasil," terangnya.

Halaman:

Editor: Lucky M. Lukman


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x